PEMBUATAN KONTEN KAMPANYE EDUKASI ANTI KEKERASANBERBASISGENDER ONLINE UNTUK WOMEN CRISIS CENTER DI DESA NGLINGGI, KABUPATEN KLATEN, JAWA TENGAH

Authors

  • Alila Pramiyanti Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Anggian Lasmarito Pasaribu Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.25124/cosecant.v3i1.7138

Keywords:

Gender, Kampanye, Kekerasan, Online, Desa Nglinggi

Abstract

Salah satu sisi gelap dari era digital yang tidak bisa kita abaikan begitu saja adalah mengenai masalah Kekerasan Berbasis Gender Online yang selanjutnya akan disingkat menjadi KBGO. KBGO adalah kekerasan berbasis gender dengan niat atau tujuan melecehkankorbanberdasarkan gender atau seksual yang difasilitasi dengan teknologi. Berdasarkancatatantahuanan Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) bahwakasus KBGO ini meningkat drastis dari 281 kasus di tahun 2019 menjadi 940 kasus di tahun2020. Kegiatan abdimas ini bertujuan untuk membuat konten kampanye anti KBGOdi DesaNglinggi yang masih tabu terhadap isu KBGO. Sebagai bentuk penerapan IPTEKmaka luarankegiatan abdimas ini berupa video interaktif yang akan diproduksi bersama unit WomenCrisisCenter yang ada di Desa Ngilinggi, dan disosialisasikan kepada seluuruh masyrakat di desatersebut. Oleh karena itu diharapkan terdapat transfer IPTEK mengenai kesadarantentangkekerasan gender berbasis online yang dapat membangun kewaspadaan terhadap kekerasangender berbasis online.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-01-18