PELATIHAN LITERASI PEMASARAN UNTUK MEMBANGUN DAYA SAING PENGRAJIN KULIT DAN ALAS KAKI KOTA BANDUNG

subject Abstract

Kota Bandung dikenal sebagai salah satu pusat industri kulit dan alas kaki di Jawa Barat, yang telah mencapai puncak popularitasnya pada tahun 1990-an, ditandai dengan pertumbuhan bisnis yang baik serta berhasil melakukan ekspor ke beberapa negara. Namun, kondisi terkini menunjukkan adanya penurunan bisnis yang signifikan, yang tergambar dalam pertumbuhan bisnis yang stagnan dan  menurun, yang dialami oleh mayoritas pengrajin.  Kondisi tersebut berdampak  pada berkurangnya jumlah pengrajin yang mampu bertahan. Untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya strategi pemasaran dalam mengembangkan usaha, kegiatan pengabdian masyarakat difokuskan pada pelatihan dan pendampingan. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan tingkat literasi pemasaran di kalangan pengrajin, yang bervariasi usia bisnisnya mulai dari 2 hingga 17 tahun. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Telkom University dan dihadiri oleh 14 peserta yang berasal dari Kota Bandung dan beberapa wilayah lainnya. Pasca pelatihan, peserta menyadari perlunya peningkatan literasi ini dan sebagian dari mereka memilih untuk mengikuti program pendampingan guna mendukung perkembangan usaha. Dengan penekanan pada literasi pemasaran, diharapkan para pengrajin mampu memperkuat strategi pemasaran, meningkatkan daya saing, serta menjaga keberlanjutan bisnis di tengah persaingan pasar yang semakin kompleks.

 

Keywords: Pengrajin Kulit dan Alas Kaki, Kota Bandung, Literasi Pemasaran, Daya Saing

format_quoteCitationfile_copyCopy
[1]
Rohayati, Y. and Tiara Verita Yastica 2024. PELATIHAN LITERASI PEMASARAN UNTUK MEMBANGUN DAYA SAING PENGRAJIN KULIT DAN ALAS KAKI KOTA BANDUNG. The Proceeding of Community Service and Engagement (COSECANT) Seminar. 4, 1 (Dec. 2024).

Downloads

Download data is not yet available.