PENGENALAN CODING BERBASIS GAME BAGI ANAK USIA DINI DI TK SARAH SHABRINA

subject Abstract

Kegiatan pelatihan coding berbasis game pada anak usia dini bertujuan untuk memperkenalkan dasar-dasar coding menggunakan aplikasi Scratch Junior (ScratchJr) di TK Sarah Shabrina. Pelatihan dimulai dengan pengenalan contoh proyek lomba lari yang kemudian di replikasi oleh siswa - siswa pada perangkat bergerak yang disediakan. Pembelajaran dilakukan secara berkelompok untuk mengembangkan kemampuan kerja sama dan eksplorasi dalam memahami aplikasi. Selain itu, siswa diberikan tantangan untuk mengeluarkan karakter dari suatu skenario game labirin secara mandiri. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa siswa TK Sarah Shabrina memiliki kemampuan yang cukup baik dalam mengoperasikan perangkat bergerak dan menjalankan aplikasi ScratchJr dengan baik. Para siswa yang terbiasa bermain game pada perangkat bergerak, menunjukkan variasi dalam pemahaman konsep dasar coding serta tingkat keaktifan dalam mengikuti pelatihan. Meskipun demikian, semua siswa menunjukkan sikap positif, antusiasme dan keinginan untuk belajar lebih lanjut mengenai coding. Kegiatan pelatihan ini berhasil mencapai tujuannya, yaitu memberikan dasar pemahaman coding dan memotivasi siswa untuk mengembangkan keterampilan tersebut di masa depan.

Keywords: pendidikan anak usia dini, coding, game, Scratch Junior, ScratchJr, teknologi pendidikan

format_quoteCitationfile_copyCopy
[1]
Nurjayanti, N. et al. 2025. PENGENALAN CODING BERBASIS GAME BAGI ANAK USIA DINI DI TK SARAH SHABRINA. The Proceeding of Community Service and Engagement (COSECANT) Seminar. 4, 1 (May 2025). DOI:https://doi.org/10.25124/cosecant.v4i1.7799.

Downloads

Download data is not yet available.