WORKSHOP COMPUTATIONAL THINKING UNPLUGGED DALAM MENDUKUNG BERPIKIR KOMPUTASI PADA SISWA SMP NEGERI 1 PACET

person Selly Meliana Universitas Telkom
person Aaz M Hafidz Azis Universitas Telkom
person I Gede Manggala Putra Universitas Telkom
subjectAbstract

Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta keterampilan berpikir komputasi (Computational Thinking/CT) menjadi kebutuhan esensial di era digital. Namun, Jenjang pendidikan menengah, yaitu SMP di Indonesia, menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan keterampilan berpikir komputasi ke dalam proses pembelajaran, salah satunya di SMP Negeri 1 Pacet yang menghadapi kesulitan dalam memahami dan menerapkan konsep CT. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa terhadap CT melalui solusi sistematis. Langkah pertama adalah sosialisasi konsep CT, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman dasar pentingnya CT. Tahap berikutnya melibatkan pelatihan dan pendampingan siswa, meliputi penyampaian teori dasar CT serta melakukan pelatihan yang menerapkan konsep-konsep dari CT, salah satunya dengan melalui permainan-permainan yang didalamnya mengajak siswa untuk berpikir secara komputasi bahkan tanpa menggunakan komputer (CT Unlugged).

Selain itu, Kegiatan ini dirancang agar siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir secara praktis untuk mendorong siswa menyelesaikan masalah secara terstruktur, menyerupai cara kerja sistem komputasi. Tahap akhir adalah evaluasi untuk menilai kemampuan siswa serta efektivitas program melalui umpan balik dari siswa. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan workshop ini berhasil memenuhi harapan siswa dengan tingkat kepuasan yang sangat tinggi. Sebanyak 66,7% siswa merasa sangat puas dan 33,3% puas bahwa materi yang disajikan sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa workshop ini berhasil mencapai tujuan yang direncanakan, yaitu mendukung cara berpikir komputasional siswa secara menyenangkan dan interaktif.

labelKeywords:
computational thinking, workshop, programming, Scratch