Issue | Vol. 4 No. 2 (2024) |
Release | 04 June 2025 |
Section | Articles |
Tujuan kajian pada Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah melakukan analisis perbaikan proses bisnis pengelolaan bantuan logistik kebencanaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat (BPBD Jabar). Analisis perbaikan proses bisnis dilakukan melalui tiga tahap. Tahap pertama adalah identifikasi proses bisnis saat ini dengan pendekatan Business Process Mapping. Tahap kedua adalah perbaikan proses bisnis menggunakan pendekatan Business Process Improvement. Tahap terakhir adalah penetapan peran para pihak yang menjalankan proses bisnis menggunakan pendekatan RACI Matrix. Kajian difokuskan pada proses bisnis penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bantuan logistik kebencanaan dari BPBD Jabar ke BPBD kabupaten/ Kota di Provinsi Jawa Barat. Kajian menghasilkan peta proses bisnis baku, dan penetapan peran dan tanggung jawab yang jelas bagi para pihak yang terlibat dalam pengelolaan bantuan logistik kebencanaan. Hasil kajian selanjutnya menjadi pedoman pengembangan sistem informasi pengelolaan bantuan logistik kebencanaan pada BPBD Jabar.
Keywords: Business Process Mapping, Business Process Improvement, Logistik Kebencanaan, RACI Matrix