Pengembangan Media Komunikasi SD Ar-Rafi’ Bandung Dalam Bentuk Jurnal Digital dan Chatbot Informasi Layanan

person Febryanti Sthevanie Universitas Telkom
person Gia Septiana Wulandari Universitas Telkom
person Mahmud Dwi Sulistiyo Universitas Telkom
subjectAbstract

Pada jenjang pendidikan dasar, media komunikasi antara sekolah dengan stakeholder memegang peranan. Dua stakeholder

yang memilki peran penting pada sebuah lembaga pendidikan sekolah dasar adalah masyarakat umum dan orang tua siswa,

sehingga media komunikasi yang digunakan oleh sekolah dengan kedua stakeholder tersebut memegang peranan penting. Saat

ini, media komunikasi yang dimiliki oleh SD Ar-Rafi’ untuk berkomunikasi dengan orang tua adalah berupa buku jurnal. Buku ini

digunakan sebagai panduan siswa dan orang tua dalam melaksanakan program sekolah. Buku jurnal yang digunakan berbentuk

hardcopy dan memiliki kekurangan ketika buku tersebut tertinggal atau hilang, sehingga proses komunikasi dan pencatatan

tertunda atau terputus, sehingga dibutuhkan digitalisasi buku jurnal menjadi berbentuk website. Tim abdimas telah

mengembangkan website yang dapat memberikan kemudahan user dalam mengakses informasi dan data secara langsung

melalui internet. Website yang dibangun memberikan akses kepada guru untuk memberikan feedback ataupun panduan berupa

tugas program sekolah untuk dilaksanakan oleh siswa dengan pendampingan oleh orang tua di rumah. User orang tua dapat

memantau tugas-tugas yang diberikan serta memberikan laporan hasil pengerjaan anak di rumah. Kemudian dalam

berkomunikasi dengan masyarakat luas, SD Ar-Rafi’ masih menggunakan website yang bersifat serta kontak admin melalui

aplikasi WhatsApp. Akan tetapi, komunikasi dengan admin terbatas pada waktu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan

masyarakat. Dalam rangka meningkatkan kecepatan respon kendala tersebut, dibutuhkan media komunikasi yang dapat

menjawab pertanyaan masyarakat yang umum ditanyakan dengan lebih cepat. Oleh karenanya, tim abdimas mengembangkan

teknologi Chatbot yang dapat menjawab pertanyaan masyarakat yang umum ditanyakan kepada admin, sehingga masyarakat

bisa mendapatkan respon yang lebih cepat terkait pertanyaan yang dimilikinya.