Issue | Vol. 4 No. 2 (2024) |
Release | 04 June 2025 |
Section | Articles |
Unit Layanan kesehatan perlu dinilai dan dievaluasi agar terus dapat ditingkatkan pelayanannya. Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) merupakan instrumen penting dalam mengukur efektivitas dan efisiensi layanan kesehatan di tingkat pertama, sesuai dengan Permenkes No. 75 Tahun 2014. Seiring perkembangan teknologi, proses evaluasi ini dapat ditingkatkan dengan implementasi Aplikasi E-PKP, yang dirancang untuk memfasilitasi penilaian kinerja secara elektronik, akurat, dan terintegrasi. Aplikasi E-PKP memungkinkan pengumpulan data yang lebih cepat, visualisasi kinerja real-time, serta analisis mendalam untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Kegiatam abdimas ini mengembangkan sebuah aplikasi E-PKP didasarkan pada pendekatan Software Engineering, yang melibatkan tahapan penelitian, perencanaan, desain, pengembangan, pengujian, instalasi. Dengan adanya E-PKP di Puskesmas Provinsi Jawa Barat bertujuan untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas evaluasi kinerja, sekaligus mendukung pengambilan keputusan berbasis data yang valid. Proses evaluasi kinerja di Puskesmas menjadi lebih efisien sehingga dapat mendukung peningkatan kualitas layanan kesehatan, serta berkontribusi pada pembangunan kesehatan yang berkelanjutan di Jawa Barat.
Keywords: E-PKP, Evaluasi Kinerja, Kualitas Layanan Kesehatan, Puskesmas