Pemasaran Digital berbasis Teknik Industri bagi UMKM di Rancabolang

person Mira Rahayu
person Pratya Poeri
person Erda Guslinar
subjectAbstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mengubah paradigma pemasaran, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor makanan di Bandung. Pemanfaatan pemasaran online menjadi penting untuk meningkatkan daya saing dan menjangkau pasar yang lebih luas. Namun, UMKM menghadapi kendala seperti kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam teknologi digital, anggaran terbatas, dan minimnya pendampingan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan membantu UMKM dalam mengimplementasikan teknologi pemasaran online melalui metode observasi, wawancara, studi literatur, pelatihan, dan pendampingan. Tahapan kegiatan meliputi persiapan, analisis kondisi, perancangan solusi, implementasi, dan evaluasi. Diharapkan, UMKM di Rancabolang Bandung dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pemasaran digital, yang akan berkontribusi pada daya saing dan kinerja pemasaran mereka.

labelKeywords:
Pemasaran Digital, UMKM, Teknologi Digital, Pelatihan & Pendampingan