Pemasaran Digital berbasis Teknik Industri bagi UMKM di Rancabolang

subject Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mengubah paradigma pemasaran, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor makanan di Bandung. Pemanfaatan pemasaran online menjadi penting untuk meningkatkan daya saing dan menjangkau pasar yang lebih luas. Namun, UMKM menghadapi kendala seperti kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam teknologi digital, anggaran terbatas, dan minimnya pendampingan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan membantu UMKM dalam mengimplementasikan teknologi pemasaran online melalui metode observasi, wawancara, studi literatur, pelatihan, dan pendampingan. Tahapan kegiatan meliputi persiapan, analisis kondisi, perancangan solusi, implementasi, dan evaluasi. Diharapkan, UMKM di Rancabolang Bandung dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pemasaran digital, yang akan berkontribusi pada daya saing dan kinerja pemasaran mereka.

Keywords: Pemasaran Digital, UMKM, Teknologi Digital, Pelatihan & Pendampingan

format_quoteCitationfile_copyCopy
[1]
Rahayu, M. et al. 2025. Pemasaran Digital berbasis Teknik Industri bagi UMKM di Rancabolang . The Proceeding of Community Service and Engagement (COSECANT) Seminar. 4, 2 (Jun. 2025). DOI:https://doi.org/10.25124/cosecant.v4i2.8547.

Downloads

Download data is not yet available.