Pemanfaatan Sosial Media Marketing untuk Pengembangan Usaha dan Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Bagi Masyarakat Desa Wisata Karang Sidemen - Nusa Tenggara Barat

Pemanfaatan Sosial Media Marketing untuk Pengembangan Usaha dan Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Bagi Masyarakat Desa Wisata Karang Sidemen - Nusa Tenggara Barat

subject Abstract

Setelah gempa Lombok tahun 2018, Desa Wisata Karang Sidemen menghadapi berbagai tantangan, termasuk kerusakan infrastruktur, ketidakpastian dalam pengelolaan wisata, serta penurunan jumlah wisatawan. Meskipun memiliki potensi besar seperti keindahan alam, keragaman flora dan fauna, serta kekayaan seni dan budaya lokal, desa ini membutuhkan strategi efektif untuk menjaga keberlanjutan dan mendorong pengembangan yang lebih baik. Pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran menjadi penting karena teknologi informasi dapat memperluas jangkauan promosi destinasi wisata. Selain itu, pengembangan kompetensi kewirausahaan masyarakat setempat dapat mendukung terciptanya ekonomi kreatif yang berkontribusi pada peningkatan pendapatan warga. Untuk menjawab kebutuhan ini, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dirancang dalam bentuk pelatihan dengan pendekatan Community-Based Participatory Research (CBPR), yang melibatkan partisipasi aktif dari komunitas, organisasi, dan peneliti. Kegiatan ini menyoroti perlunya pelatihan penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran dan pengembangan kompetensi kewirausahaan bagi masyarakat Desa Wisata Karang Sidemen di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Program ini mendukung pencapaian tujuan SDGs melalui kemitraan, dengan Telkom University berperan sebagai mitra akademik desa. Pelatihan ini berhasil dilaksanakan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi mitra dan tujuan yang ingin dicapai, serta mendapat sambutan baik dan antusias dari peserta. Ke depannya, tim pengabdian merekomendasikan pendampingan lanjutan agar pengelola desa wisata dan ekonomi kreatif dapat mengoptimalkan pemasaran digital secara berkelanjutan.

Keywords: Desa Wisata, ekonomi kreatif, pemasaran digital, community based participatory research, etika bisnis

format_quoteCitationfile_copyCopy
[1]
Widarmanti, T. et al. 2025. Pemanfaatan Sosial Media Marketing untuk Pengembangan Usaha dan Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Bagi Masyarakat Desa Wisata Karang Sidemen - Nusa Tenggara Barat: Pemanfaatan Sosial Media Marketing untuk Pengembangan Usaha dan Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Bagi Masyarakat Desa Wisata Karang Sidemen - Nusa Tenggara Barat. The Proceeding of Community Service and Engagement (COSECANT) Seminar. 4, 2 (Jun. 2025). DOI:https://doi.org/10.25124/cosecant.v4i2.8562.

Downloads

Download data is not yet available.