Perancangan Antarmuka Website Sekolah SDN 012 Babakan Ciparay Sebagai Media Informasi Formal Menggunakan Metode User-Centered Design

subject Abstract

Salah satu produk teknologi informasi yang sudah umum saat ini adalah website sekolah. Dimana website sekolah menjadi ujung tombak bagi sekolah dalam menyebarluaskan informasi kepada pihak terkait. SDN 012 Babakan Ciparay saat ini belum memiliki website sekolah sebagai media informasi. Hal ini menyebabkan informasi mengenai inovasi dan kreatifitas yang dimiliki sekolah sulit disebarluaskan, yang menyebabkan rendahnya elektabilitas SDN 012 Babakan Ciparay. Untuk mendapatkan website sekolah yang berkualitas, dibutuhkan antarmuka yang mudah digunakan oleh para stakeholder sekolah. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk merancang website sekolah dengan menggunakan metode User-Centered Design. Untuk memastikan bahwa antarmuka website sekolah yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna, dilakukan evaluasi usability website sekolah dengan menggunakan System Usability Scale (SUS). Berdasarkan evaluasi usability dengan kuesioner System Usability Scale (SUS), website mendapatkan skor 77.75 (kategori "Baik") dan tingkat conclusiveness sebesar 80%, yang menunjukkan website efektif, nyaman, dan mudah digunakan. Analisis umpan balik mengungkapkan bahwa tampilan website menarik dan sesuai harapan, fitur mudah dipahami, aksesibilitas tidak menemui kendala, serta informasi dianggap lengkap dan relevan, meskipun ada saran untuk melengkapi informasi guru, ekstrakurikuler, dan menambahkan fitur rating sekolah. Secara keseluruhan, website telah memenuhi ekspektasi pengguna dengan baik, dengan beberapa masukan untuk peningkatan lebih lanjut.

format_quoteCitationfile_copyCopy
[1]
MARTHA, A.S.D. et al. 2025. Perancangan Antarmuka Website Sekolah SDN 012 Babakan Ciparay Sebagai Media Informasi Formal Menggunakan Metode User-Centered Design. The Proceeding of Community Service and Engagement (COSECANT) Seminar. 4, 2 (Jun. 2025). DOI:https://doi.org/10.25124/cosecant.v4i2.8576.

Downloads

Download data is not yet available.