Pelatihan Berpikir Komputasional bagi Guru dan Siswa SD Mutiara Hati

person Ade Romadhony Telkom University
person Fazmah Arif Yulianto
person Untari Wisesty
subjectAbstract

Berpikir Komputasional (Computational Thinking/CT) merupakan sebuah kemampuan krusial yang penting untuk dipelajari pada jenjang sekolah dasar dan menengah. Kemampuan Berpikir Komputasional (BK) berkontribusi pada semakin terasahnya kemampuan analisis siswa serta penguasaan materi dengan level kompleksitas lebih tinggi. Berdasarkan istilahnya, kemampuan BK sering kali dianggap wajib memanfaatkan komputer sebagai sarana pembelajaran. Persepsi tersebut merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi implementasi pembelajaran BK di level pendidikan dasar dan menengah. SD Mutiara Hati yang berlokasi di kota Bandung saat ini belum mengimplementasikan pembelajaran BK pada program belajar siswa. Melalui program pelatihan BK yang dilaksanakan oleh tiga dosen dari Fakultas Informatika Universitas Telkom, para guru memperoleh informasi mengenai apa itu BK dan para siswa diberikan beberapa contoh soal serta aktivitas yang terkait dengan aspek BK. Evaluasi mengenai pemahaman guru terhadap BK yang dilakukan melalui survey yang diberikan sebelum dan sesudah pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman guru mengenai BK. Para siswa juga menunjukkan ketertarikan tinggi terhadap contoh implementasi BK, terutama pada aktivitas. Potens keberlanjutan program yang didapat berdasarkan saran/masukan dari guru adalah disediakannya media yang lebih sesuai bagi siswa SD, terutama siswa pada fase A (kelas satu dan dua), sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran BK dengan menyenangkan dan melalui contoh-contoh yang dekat dengan aktivitas sehari-hari.

labelKeywords:
Berpikir Komputasional, Computational Thinking, Sekolah Dasar (SD), SD Mutiara Hati, Informatika