PELATIHAN TRAINING OF TRAINER UNTUK KOMPETENSI KOMUNIKASI PERSUASI BAGI PENGAJAR DAN PENDAMPING UMKM JAWA BARAT

Penulis

  • Indra Novianto Adibayu Pamungkas Fakultas Komunikasi dan Bisnis
  • Miftahul Rozaq Fakultas Industri Kreatif
  • Ilhamsyah Ilhamsyah Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom
  • Dini Salmiyah Fithrah Ali Fakultas Komunikasi dan Bisnis

DOI:

https://doi.org/10.25124/cosecant.v3i1.7162

Kata Kunci:

pengabdian masyarakat, komunikasi persuasi, pengajar, pendamping, UMKM, Jawa Barat.

Abstrak

Komunikasi persuasi memiliki peran vital dalam membantu pengajar dan pendamping Usaha Mikro, Kecil,
dan Menengah (UMKM) di Jawa Barat dalam mengatasi berbagai tantangan dan meningkatkan keberhasilan
UMKM tersebut. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kurangnya keterampilan komunikasi
persuasi dapat menjadi hambatan bagi pengajar dan pendamping UMKM dalam membujuk para pelaku
UMKM untuk mengadopsi praktik bisnis yang lebih efektif dan inovatif. Pengabdian masyarakat ini bertujuan
untuk meningkatkan kompetensi komunikasi persuasi bagi pengajar dan pendamping UMKM di Jawa Barat
melalui pelatihan dan penerapan teknik komunikasi persuasi yang efektif. Metode yang digunakan dalam
pengabdian masyarakat ini mencakup pelatihan interaktif, workshop, dan mentoring secara berkelanjutan,
dengan fokus pada penguatan keterampilan berbicara empati, mendengarkan aktif, dan merancang pesan
persuasif. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan dampak secara pengetahuan maupun
keterampilan kepada para pengajar dan pendamping UMKM Jawa Barat. Keterampilan komunikasi persuasif
untuk berbagai situasi training yang diantaranya; (1) central route (seperti, pendampngan personal), (2)
periperal route (seperti, seminar dan kelas umum), dan (3) combinations route (training dan workshop), yang
dapat disesuaikan dengan kondisi pelatihan dan pendampingan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Miftahul Rozaq, Fakultas Industri Kreatif

Komunikasi persuasi memiliki peran vital dalam membantu pengajar dan pendamping Usaha Mikro, Kecil,
dan Menengah (UMKM) di Jawa Barat dalam mengatasi berbagai tantangan dan meningkatkan keberhasilan
UMKM tersebut. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kurangnya keterampilan komunikasi
persuasi dapat menjadi hambatan bagi pengajar dan pendamping UMKM dalam membujuk para pelaku
UMKM untuk mengadopsi praktik bisnis yang lebih efektif dan inovatif. Pengabdian masyarakat ini bertujuan
untuk meningkatkan kompetensi komunikasi persuasi bagi pengajar dan pendamping UMKM di Jawa Barat
melalui pelatihan dan penerapan teknik komunikasi persuasi yang efektif. Metode yang digunakan dalam
pengabdian masyarakat ini mencakup pelatihan interaktif, workshop, dan mentoring secara berkelanjutan,
dengan fokus pada penguatan keterampilan berbicara empati, mendengarkan aktif, dan merancang pesan
persuasif. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan dampak secara pengetahuan maupun
keterampilan kepada para pengajar dan pendamping UMKM Jawa Barat. Keterampilan komunikasi persuasif
untuk berbagai situasi training yang diantaranya; (1) central route (seperti, pendampngan personal), (2)
periperal route (seperti, seminar dan kelas umum), dan (3) combinations route (training dan workshop), yang
dapat disesuaikan dengan kondisi pelatihan dan pendampingan.

Diterbitkan

2024-01-19