PEMANFAATAN APLIKASI LEARNING ADAPTIVELY, RESONATING VALUES AND APPROACHES (LARVA) UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN OPTIMISASI GAYA BELAJAR DI SMAN 1 PANGALENGAN
DOI:
https://doi.org/10.25124/cosecant.v3i1.7184Kata Kunci:
Aplikasi Pembelajaran Interaktif, Gaya Belajar VAKAbstrak
Kegiatan pengabdian Masyarakat yang telah dilakukan bertujuan untuk memperkenalkan konsep dan manfaat
penggunaan aplikasi pendukung pembelajaran interaktif dengan pemanfaatan teknologi Augmented Reality
(AR) dalam proses belajar-mengajar. Aplikasi Learning Adaptively, Resonating Values and Approaches
(LARVA) adalah aplikasi yang kami ciptakan untuk mendukung proses pembelajaran yang interaktif. Selain
pembelajaran yang interaktif, aplikasi ini juga mengoptimalkan proses belajar siswa dengan memaksimalkan
gaya belajar siswa. Model pembelajaran Visual Auditory Kinesthethic (VAK) merupakan model pembelajaran
yang mengoptimalkan tiga gaya belajar yang berupa visual, auditory, dan kinesthethic. Pelatihan penggunaan
aplikasi LARVA dilakukan pada guru dan siswa dari SMA N 1 Pangalengan. Aplikasi LARVA terdiri dari 2
jenis aplikasi, aplikasi berbasis web dapat digunakan oleh guru untuk merancang materi pembelajaran
sedangkan aplikasi berbasis mobile dapat digunakan oleh siswa untuk mendapatkan materi pembelajaran yang
interaktif dan sesuai dengan gaya belajarnya. Setelah penyuluhan pemanfaatan aplikasi LARVA dilakukan,
tanggapan positif didapatkan dari guru dan siswa yang menganggap aplikasi ini sangat dibutuhkan dan perlu
adanya pendampingan lanjutan. Penggunaan aplikasi LARVA telah terbukti mampu meningkatkan nilai
evaluasi belajar siswa sebesar 19,37%. Hasil survey dengan metode skala likert dalam hal kebutuhan, kegiatan,
penyajian materi, pelayanan serta keberlanjutan kegiatan pengabdian masyarakat ini mendapatkan nilai 94,22%
(Sangat Baik).