PELATIHAN ILUSTRASI KREATIF TENTANG BUDAYA INDONESIA BAGI SISWA SISWI SD KIFAYATUL AZHAR
DOI:
https://doi.org/10.25124/cosecant.v3i1.7185Kata Kunci:
anak-anak, budaya Indonesia, ilustrasi, kreativtas, tradisionalAbstrak
Proses kegiatan belajar anak-anak perlu memiliki variasi yang mampu menstimulasi otak kiri dan
kanan; yakni aspek logika dan kreativitas secara bersamaan. Bagi siswa-siswi kelas 1-3 SD Kifayatul
Azhar di Kampung Sirahgajah, Rancaekek, Kabupaten Bandung, kegiatan belajar yang telah
dilaksanakan dirasa belum mengakomodir stimulasi tersebut secara proporsional, karena adanya
kendala dari segi fasilitas dan perspektif siswa-siswi yang kebanyakan berasal dari keluarga kurang
mampu. Padahal bagi seorang anak usia 6-8 tahun, salah satu tugas perkembangan yang harus
terpenuhi adalah berkenaan dengan aspek kreativitas dan keterampilan yang akan dibutuhkan untuk
kehidupan sehari-hari. Sebagai upaya untuk menstimulasi dan membantu kecerdasan emosional,
menumbuhkan imajinasi, dan meningkatkan kreativitas pada anak, maka terdapat peluang untuk
dapat diberikannya pelatihan ilustrasi kreatif mengenai khazanah akar budaya Indonesia melalui
skema pengabdian terhadap masyarakat dari Fakultas Industri Kreatif. Tujuan dari aktivitas ini
diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan serta aspek-aspek lain yang diperlukan dalam fase
tumbuh kembang anak, sehingga dapat mengoptimalisasi proses belajar bagi siswa-siswi SD
Kifayatul Azhar. Pada pelatihan ini siswa-siswi dipandu dan diajarkan berkreasi membuat ilustrasi
dan prakarya dengan modul dan perangkat bertema budaya Indonesia yang sudah disiapkan. Hasil
karya yang dihasilkan diharapkan bisa menjadi pengingat dan modal awal bagi siswa-siswi untuk
bisa mengenal dan mencari informasi lebih lanjut mengenai khazanah akar budaya Indonesia.