Perancangan Dan Implementasi Sistem Otomatis Pemberian Dan Minum Kucing Menggunakan Penjadwalan Real Time Clock Berbasis Mikrokontroler

person Aidi Mertu
person Muhammad Ikhsan Sani
person Giva Andriana Mutiara

Banyak Pemelihara kucing yang merasa kesulitan dalam mengatur makan dan minum kucing pada saat aktifitas jauh dari rumah, hal ini yang menjadi kendala besar oleh para pemelihara kucing, dengan alat proyek akhir yang penulis kembangkan ini diharapkan dapat mempermudah pemelihara kucing diluar sana dalam memberikan makan dan minum kucing dengan benar, alat ini menggunakan sensor ultrasonik, motor servo dan nodeMCU sebagai mikrokontroler nya, alat ini dapat memberikan makan dan minum kucing dengan menggunakan penjadwalan, jika sudah waktu nya makan dan minum kucing maka alat ini akan langsung memberikan makan dan minum kucing dengan otomatis dan alat ini juga dapat dikontrol menggunakan handphone jika ingin memberikan makan diluar jam makan dan minum kucing dan di handphone akan menerima notifikasi jika makan dan minum sudah dituangkan pada wadah makan dan minum si kucing dan hasil pengujian yang telah dilakukan pada prototipe ini pada penjadwalan ada sedikit error pada penjadwalan pertama, sedangkat untuk pengujian pada ultrasonik persediaan maka itu terdapat error antara pengukuran jarak ultrasonik denganjarak asli dan untuk error itu bernilai dari 0 sampai 3cm dan untuk error pada ultrasonik minumitubernilai 0 sampai 1cm, sedangkat untuk pemberianmakan dan minum kucing diluar jadwal melalui telegram berjalan dengan baik.

format_quote
Citation
file_copyCopy
MERTU, Aidi; SANI, Muhammad Ikhsan; MUTIARA, Giva Andriana. Perancangan Dan Implementasi Sistem Otomatis Pemberian Dan Minum Kucing Menggunakan Penjadwalan Real Time Clock Berbasis Mikrokontroler. Journal of Applied Engineering and Social Science (JAESS), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-7, dec. 2023. ISSN 2567-7594. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jaess/article/view/6723>. Date accessed: 29 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jaess.v1i1.6723.