PERANCANGAN SISTEM APLIKASI VOICE CLIENT UNTUK PENGEMBANGAN CLIENT VOICE TERMINAL YANG TERINTEGERASI DENGAN NAVAL VOICE COMMUNICATION SYSTEM

person Wahyu Putri Riskiyani
person Aris Hartaman
person Wisnu Adji Kharisma
alternate_email

Indonesia merupakan Negara Maritim, oleh karena itu diperlukan adanya pengawalan di wilayah laut sebagaiupaya untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam menjalankan tugasnya untukmenjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kapal Republik Indonesia (KRI) memerlukan sistemkomunikasi yang dapat meningkatkan efisiensi dalam koordinasi personel antar ruang di dalam kapal. Teknologikomunikasi yang digunakan dalam sistem ini adalah teknologi komunikasi VoIP yang berjalan pada protokolSIP dan RTP. Oleh karena itu, proyek ini akan menghasilkan output sistem aplikasi client untuk pengembanganclient voice terminal yang terintegerasi dengan naval voice communication system berbasis embedded systemyang memiliki fitur-fitur untuk mempermudah terjadinya komunikasi antar ruang di dalam kapal laut.Pada Proyek Akhir ini difokusksan pada aplikasi core yang akan berjalan pada sistem embedded linux OSdan UI apps development. Aplikasi core ini dibangun menggunakan Linphone SDK dan bahasa pemrograman Cyang akan diintegrasikan dengan user interface dan operating system pada Beaglebone Black dan 4D LCD Cape7”.Hasil dari perancangan sistem komunikasi adalah dapat menukarkan suara antar pengguna dengan baik.Selain itu, kualitas sistem komunikasi yang dihasilkan dari pengujian menggunakan parameter Quality of Service(QoS) dan Mean Opinion Score (MOS) dengan panggilan berjarak 7m dan 25m. Kedua pengukuran tersebutmenghasilkan kualitas yang bagus dilihat dari parameter QoS. Nilai MOS yang didapat dari perhitungan QoSdengan panggilan berjarak 7m maupun 25m berada pada kategori baik.

format_quote
Citation
file_copyCopy
RISKIYANI, Wahyu Putri; HARTAMAN, Aris; KHARISMA, Wisnu Adji. PERANCANGAN SISTEM APLIKASI VOICE CLIENT UNTUK PENGEMBANGAN CLIENT VOICE TERMINAL YANG TERINTEGERASI DENGAN NAVAL VOICE COMMUNICATION SYSTEM. Journal of Applied Engineering and Social Science (JAESS), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 20-25, july 2024. ISSN 2567-7594. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jaess/article/view/7464>. Date accessed: 22 july 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jaess.v2i1.7464.