Pengaruh Perilaku Irasional Terhadap Moral Ekonomi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Bidang Fashion Di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.25124/jibr.v1i1.6464Keywords:
loss aversion, endowment effect, herd behavior, moralitas ekonomi, UMKMAbstract
Tujuan penelitian ini ialah mengetahui pengaruh Loss Aversion, Endowment Effect, dan Herd Behavior terhadap Moralitas Ekonomi pada bidang fashion di Kota Bandung. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran angket google form (kuesioner) dan studi pustaka. Pengolahan data menggunakan SEM-PLS dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Loss Aversion berpengaruh signifikan terhadap Moralitas Ekonomi pada UMKM bidang fashion di Kota Bandung. Lalu, Endowment Effect berpengaruh signifikan terhadap Moralitas Ekonomi pada UMKM bidang fashion di Kota Bandung. Dan, Herd Behavior berpengaruh signifikan terhadap Moralitas Ekonomi pada UMKM bidang fashion di Kota Bandung. Hasil penelitian pada Loss Aversion pada indikator Memiliki Kepercayaan Tinggi terhadap Rekan Kerja Dalam Bisnis perlu ditingkatkan kembali dengan cara memberikan training atau pelatihan guna meningkatkan kualitas SDM rekan kerja itu sendiri sehingga dengan kualitas SDM yang tinggi mampu meningkatkan kepercayaan owner terhadap karyawannya. Hasil penelitian pada Endowment Effect pada indikator Memberikan Penilaian Objektif terkait Produk Pesaing perlu ditingkatkan kembali dengan cara melakukan riset berdasarkan produk yang dijual lalu mengidentifikasi keunggulan produk secara berkala. Hasil penelitian pada Herd Behavior pada indikator mengikuti Produk yang Sedang Tren di Pasar perlu ditingkatkan kembali dengan cara memberikan pilihan atau opsi tren yang sedang ramai dikalangan masyarakat sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan tren yang sedan diperbincangkan atau ramai di pasar
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.