Analisis Sentimen Review Scarlett Whitening Acne Serum pada Shopee Menggunakan Text Analytics

Authors

  • Muhammad Rhendy Alif Mulyadi
  • Indrawati Indrawati

DOI:

https://doi.org/10.25124/jibr.v1i1.6482

Keywords:

Skincare, Atribut Skincare, Scarlett Whitening Acne serum, Sentiment Analysis, Shopee

Abstract

Potensi pertumbuhan pengguna internet di Indonesia cukup besar ditambah negara Indonesia memiliki populasi yang besar menjadikan negara dengan target pasar yang luas. Hal ini selaras dengan tingkat pendapatan e-commerce di Indonesia khususnya industri kecantikan yang berada di posisi kedua dalam pendapatan e-commerce negara tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang dapat ditingkatkan oleh pelaku bisnis dan memberikan kemudahan bagi konsumen dalam menentukan keputusan pembelian produk melalui review negatif dan positif Scarlett Whitening Acne serum yang ada di Shopee. Untuk mencapai tujuan penelitian, teknik analisis data penelitian ini berupa deskriptif dengan metode sentiment analysis naïve bayes menggunakan software Rapidminer untuk menganalisis atribut apa saja yang paling di pertimbangkan oleh konsumen. Serta visualisasi word cloud kata kunci menggunakan software Orange. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentiment positif yang paling diperbincangkan berkaitan dengan atribut produk adalah “cocok”, “pengiriman”, dan “pengemasan”. Sedangkan sentimen negatif yang paling diperbincangkan adalah “pengiriman”, “cocok”, dan “aman”. Berdasarkan sentimen positif tersebut dapat dikatakan bahwa konsumen merasa cocok dengan bahan dasar Scarlett Acne serum, hal ini dibuktikan dengan kata “cocok” yang paling banyak diperbincangkan dan memiliki sentimen positif. Sedangkan sentimen negatif paling banyak mempermasalahkan atribut “pengiriman” dimana konsumen mendapakan produk yang rusak dikarenakan pengemasan yang kurang baik selama pengiriman.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-09-29