Analisis dan Perancangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Proses Access Management pada Diskominfo Kota Bandung Menggunakan ITIL Versi 3
DOI:
https://doi.org/10.25124/jpeia.v2i2.8714Keywords:
Manajemen layanan, Service Operation, Access Management, ITIL versi 3Abstract
Manajemen layanan teknologi sangat
berpengaruh untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan
serta membantu perusahaan dalam mewujudkan suatu tujuan
strategis bersama. Dinas Komunikasi dan Informasi
(DISKOMINFO) Kota Bandung berperan dalam
melaksanakan sebagian urusan pemerintahan daerah pada
bidang komunikasi, informatika dan hubungan masyarakat
berdasarkan asas otonomi dan pembantuan. Sebagai salah satu
informasi yang ada pada Kota Bandung dan agar mendapatkan
hasil yang maksimal dalam layanan bisnis dan layanan IT pada
Dinas Komunikasi dan Informasi (DISKOMINFO) Kota
bandung, maka diperlukan analisis dan perancangan dengan
menerapkan ITIL versi 3 sebagai framework untuk menjaga
dan mengoptimalkan manajemen layanan IT pada Dinas
Komunikasi dan Informasi (DISKOMINFO) Kota Bandung,
sehingga dapat mengurangi dampak serta risiko yang akan
terjadi. Metode yang akan digunakan untuk
pengimplementasian proses penelitian ini dimulai dengan
melakukan studi literatur, wawancara dan pengisian kuisioner
yang mana digunakan untuk menganalisis dan menilai tingkat
kapabilitas perusahaan berdasarkan ITIL versi 3. Selanjutnya
akan dilakukan perancangan pada aspek people, process dan
technology untuk melengkapi hasil penilaian kapabilitas
berdasarkan kerangka kerja ITIL versi 3.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.