Perancangan Model Bisnis Kuno Kopi menggunakan Metode Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT

Penulis

  • Yoni Sotya Baswara
  • Budi Praptono
  • Yudha Prambudia

DOI:

https://doi.org/10.25124/jpeia.v1i1.6779

Kata Kunci:

Model Bisnis, Business Model Canvas, Kuno Kopi

Abstrak

Kuno Kopi merupakan Coffee Shop yang berfokus pada penjualan minuman kopi dan makanan ringan (snack) yang berdiri pada tanggal 1 Februari 2020 dengan sistem penjualan berjenis outlet yang dimana setiap konsumen dapat datang langsung ke outlet untuk membeli produk yang dijual. Kuno Kopi memiliki berbagai macam varian kopi (Kopi Nongko, Kopi Jahe, Kopi Jagung, Kopi Mangli, Kopi Unggul) yang memiliki cita rasa khas karena diproses dengan cara tradisional. Kuno Kopi yang berletak di Kabupaten Nganjuk ini mengalami penurunan penjualan sehingga pendapatan juga menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut disebabkan karena kekurangan supplier bahan baku, kurangnya pemanfaatan promosi, persaingan yang semakin ketat dan perubahan lingkungan bisnis Kuno Kopi. Melihat permasalahan ini, model bisnis Kuno Kopi akan dievaluasi dan dirancang model bisnis usulan. Perancangan model bisnis tersebut dilakukan dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Beberapa perbaikan penting yang diusulkan dari hasil evaluasi untuk Kuno Kopi adalah melakukan perluasan segmen pelanggan dengan menciptakan program serta produk yang baru, meningkatkan penjualan dengan melakukan peningkatan kualitas dan variasi produk, adanya kenaikan harga pada suatu produk, meningkatkan penggunaan teknologi informasi sebagai media penjualan d

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31

Terbitan

Bagian

Articles