Perancangan Model Bisnis Kuno Kopi menggunakan Metode Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT
DOI:
https://doi.org/10.25124/jpeia.v1i1.6779Kata Kunci:
Model Bisnis, Business Model Canvas, Kuno KopiAbstrak
Kuno Kopi merupakan Coffee Shop yang berfokus pada penjualan minuman kopi dan makanan ringan (snack) yang berdiri pada tanggal 1 Februari 2020 dengan sistem penjualan berjenis outlet yang dimana setiap konsumen dapat datang langsung ke outlet untuk membeli produk yang dijual. Kuno Kopi memiliki berbagai macam varian kopi (Kopi Nongko, Kopi Jahe, Kopi Jagung, Kopi Mangli, Kopi Unggul) yang memiliki cita rasa khas karena diproses dengan cara tradisional. Kuno Kopi yang berletak di Kabupaten Nganjuk ini mengalami penurunan penjualan sehingga pendapatan juga menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut disebabkan karena kekurangan supplier bahan baku, kurangnya pemanfaatan promosi, persaingan yang semakin ketat dan perubahan lingkungan bisnis Kuno Kopi. Melihat permasalahan ini, model bisnis Kuno Kopi akan dievaluasi dan dirancang model bisnis usulan. Perancangan model bisnis tersebut dilakukan dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Beberapa perbaikan penting yang diusulkan dari hasil evaluasi untuk Kuno Kopi adalah melakukan perluasan segmen pelanggan dengan menciptakan program serta produk yang baru, meningkatkan penjualan dengan melakukan peningkatan kualitas dan variasi produk, adanya kenaikan harga pada suatu produk, meningkatkan penggunaan teknologi informasi sebagai media penjualan d
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.