Perancangan Perbaikan Atribut Produk Sepatu Pada Brand XYZ Berdasarkan Preferensi Konsumen Menggunakan Metode Conjoint Analysis

Penulis

  • Tiara Fadhila Kurniawan
  • Agus Achmad Suhendra
  • Muhammad Iqbal

DOI:

https://doi.org/10.25124/jpeia.v2i1.7441

Kata Kunci:

Atribut Produk, Preferensi Konsumen, Conjoint Analysis, Stimuli, Sepatu

Abstrak

Salah satu sektor UMKM yang tingkatpersaingannya sedang tinggi adalah UMKM fashion, hal inidilihat dari pertumbuhannya yang menunjukkan tren positifdari tahun ke tahun. Brand XYZ merupakan UMKM fashionasal Kota Bandung yang berdiri pada tahun 2008 danmengawali usahanya dengan menjual produk aksesorishandmade dan berkembang menjual produk alas kaki. Padatahun 2022 Brand XYZ mengalami penurunan pendapatanyang disebabkan oleh adanya ketidakcocokan produk sepatudengan harapan konsumen. Tugas akhir ini menggunakanmetode Conjoint Analysis untuk mengidentifikasi danmerancang atribut produk sepatu agar sesuai dengan preferensikonsumen. Diperoleh atribut-atribut berdasarkan preferensikonsumen yang digunakan untuk rancangan perbaikan,meliputi model low top dan high top, fitur tali, ketebalan sol < 3cm, detail logo brand, bentuk wide, bahan upper canvas, danbahan outsole thermo plastic rubber. Rancangan perbaikan inidiharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi perusahaan untukmengatasi permasalahan yang ada dalam merancang produkserta membantu penelitian selanjutnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-04

Terbitan

Bagian

Articles