Perancangan User Interface dan User Experience Sistem Informasi Pelanggan PDAM Bandung Menggunakan Metode Design Thinking

Penulis

  • Mitra Marlina Yolanda
  • Ahmad Musnansyah
  • Hanif Fakhrurroja

DOI:

https://doi.org/10.25124/jpeia.v2i1.7481

Kata Kunci:

Sistem Informasi, PDAM, UI/UX, Design Thinking, MAUS

Abstrak

Kota Bandung memiliki 2 perusahaan PDAM, yaitu Tirtaraharja dan PDAM Tirtawening, PDAM kota bandung mampu melayani kurang lebih 60 % dari seluruh penduduk kota bandung, sedangkan target pelayanan air bersih untuk skala kota besar adalah 80 %. Peneliti mengambil sampel hasil wawancara kepada pelanggan PDAM Bandung sejumlah 30 orang. Berdasarkan hasil kusioner yang ditujukkan untuk 30 pelanggan PDAM Bandung, peneliti mengambil kesimpulan bahwa Sebagian besar masih tidak mengetahui mengenai teknologi terbarukan dari PDAM di kota mereka. Merangkum segala permasalahan yang dihadapi pelanggan PDAM Bandung, peneliti mencoba mengambil benang mereka bahwa perlunya rekomendasi desain system yang lebih efisien dan mudah untuk dipahami segala kalangan bernama Sistem Informasi Pelanggan PDAM Bandung, memadukan konsep design thinking dengan prinsip UI/UX akan menghasilkan rekomendasi ystem yang user friendly serta mendapati hasil pengalaman pengguna dalam menggunakkan rekomendasi tersebut. Penilaian hasil desain dengan metode maze usability score menunjukkan angka 79,9.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-05

Terbitan

Bagian

Articles