Perancangan Jadwal Kedatangan Truk Menggunakan Model Simulasi Diskrit Untuk Mengurangi Waktu Truck Turnaround Time Pada Pelabuhan PT.ABC
DOI:
https://doi.org/10.25124/jpeia.v2i1.7531Kata Kunci:
Truck Turnaround Time, Simulasi Diskrit, Penjadwalan kedatangan trukAbstrak
Pelabuhan PT.ABC menghadapi tantangan dalam mengelola kedatangan truk tanpa penjadwalan. Sebagai hasilnya, truk mengalami peningkatan waktu turnaround yang signifikan, mencapai 49% lebih lama dari yang direncanakan. Untuk mengatasi masalah ini, simulasi diskrit dan sistem penjadwalan kedatangan dengan penjadwalan kedatangan diperkenalkan. Simulasi diskrit digunakan untuk memodelkan sistem pelabuhan yang kompleks dengan berbagai parameter, seperti kapasitas gerbang, jembatan timbang, kantung parkir, dan dermaga. Jadwal truk yang awalnya acak diubah menjadi jadwal yang terkoordinasi dengan waktu kedatangan yang lebih merata dan efisien. Frekuensi truk yang datang juga dikendalikan untuk menghindari antrian yang panjang. Hasil simulasi menunjukkan bahwa dengan sistem penjadwalan kedatangan dengan penjadwalan kedatangan yang diperbarui, Truck turnaround time dapat dikurangi menjadi hanya 20,76% dari kondisi sebelumnya. Waktu kedatangan yang lebih teratur, yaitu setiap 13 menit dengan 4 truk per kedatangan, telah membantu mengoptimalkan proses di pelabuhan. Ini akan meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan produktivitas pelabuhan PT.ABC secara signifikan. Simulasi diskrit dan sistem penjadwalan kedatangan dengan penjadwalan kedatangan telah terbukti menjadi alat yang efektif dalam mengatasi masalah ini
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.