Perancangan Strategi Pemasaran pada Griya Fitnes Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)
DOI:
https://doi.org/10.25124/jpeia.v2i2.8706Kata Kunci:
Griya Fitnes, Strategi Pemasaran, Matriks IE, SWOT, QSPMAbstrak
Griya Fitnes merupakan salah satu UMKM di
Desa Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang,
Jawa Tengah yang bergerak di bidang jasa penyewaan alatalat olahraga dan alat fitness. Griya Fitnes memiliki
permasalahan mengenai pendapatan tidak stabil,
permasalahan tersebut didukung dengan adanya perolehan
data grafik pendapatan Griya Fitnes dari tahun 2020
hingga September 2022 yang fluktuatif pada setiap
tahunnya yang disebabkan oleh strategi pemasaran yang
belum optimal. Sehingga diperlukan perbaikan pada
strategi pemasaran pada Griya Fitnes menggunakan
metode analisis SWOT dan QSPM. Dalam merancang
strategi pemasaran, digunakan matriks IE yang didapatkan
dari penggabungan IFE dan EFE sebesar 2,86 dan 2,77.
Matriks SWOT menghasilkan usulan strategi yang
nantinya akan dipilih melalui matriks QSPM untuk
menentukan nilai TAS terbesar. 5 strategi teratas dari hasil
QSPM adalah penetrasi pasar yang salah satunya adalah
memaksimalkan dan memperbaiki saluran pemasaran
sebagai media promosi usaha dengan nilai TAS 6,445.
Seluruh alternatif strategi pemasaran yang terpilih
diharapkan dapat diimplementasikan untuk dapat
mengatasi permasalahan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.