Perancangan Perbaikan Positioning Produk Kemeja The King Industries Berdasarkan Perceptual Mapping Menggunakan Metode Multidimensional Scaling

Penulis

  • Albi Dwi Rianto
  • Yati Rohayati
  • Boby Hera Sagita

Kata Kunci:

The King Industries, Multidimensional Scaling, Perceptual Mapping, Positioning

Abstrak

The King Industries merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang usaha fashion yang mempunyai produk
utama yaitu kemeja. The King Industries memiliki beberapa permasalahan salah satunya target penjualan yang belum
tercapai. Dari permasalahan yang diidentifikasi terdapat alternatif solusi yang melibatkan faktor brand, SDM, dan metode
penjualan. Penelitian bertujuan untuk memberikan perbaikan positioning yang sesuai bagi produk kemeja merek The King
Industries. Untuk memperbaiki positioning perusahaan perlu menggunakan metode Multidimensional Scaling (MDS) menggunakan perceptual mapping, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan solusi perbaikan positioning yang tepat bagi
produk kemeja The King Industries. Penilaian terhadap beberapa atribut seperti warna, kualitas bahan, motif, model, fashionable, harga, ukuran, kualitas jahitan, dan brand reputation yang dilakukan terhadap 115 responden melalui pengisian
kuesioner. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan metode Multidimensional Scaling (MDS) dengan bantuan
software IBM SPSS. Hasil pengolahan data ini dievaluasi menggunakan uji goodness of fits dengan nilai R-square sebesar
0,974 dan nilai stress sebesar 0,165. Hasil ini menunjukkan bahwa model MDS yang dihasilkan layak. The King Industries
memiliki lima rekomendasi dalam rancangan perbaikan positioning yang dapat diterapkan. Dengan menerapkan rekomendasi ini, diharapkan perbaikan positioning akan meningkatkan tingkat brand awareness, mampu menghadapi persaingan
dengan pesaing lainnya, dan menciptakan persepsi yang positif di benak konsumen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-01-03

Terbitan

Bagian

Articles