Perancangan Perbaikan Positioning Produk Kemeja The King Industries Berdasarkan Perceptual Mapping Menggunakan Metode Multidimensional Scaling
Kata Kunci:
The King Industries, Multidimensional Scaling, Perceptual Mapping, PositioningAbstrak
The King Industries merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang usaha fashion yang mempunyai produk
utama yaitu kemeja. The King Industries memiliki beberapa permasalahan salah satunya target penjualan yang belum
tercapai. Dari permasalahan yang diidentifikasi terdapat alternatif solusi yang melibatkan faktor brand, SDM, dan metode
penjualan. Penelitian bertujuan untuk memberikan perbaikan positioning yang sesuai bagi produk kemeja merek The King
Industries. Untuk memperbaiki positioning perusahaan perlu menggunakan metode Multidimensional Scaling (MDS) menggunakan perceptual mapping, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan solusi perbaikan positioning yang tepat bagi
produk kemeja The King Industries. Penilaian terhadap beberapa atribut seperti warna, kualitas bahan, motif, model, fashionable, harga, ukuran, kualitas jahitan, dan brand reputation yang dilakukan terhadap 115 responden melalui pengisian
kuesioner. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan metode Multidimensional Scaling (MDS) dengan bantuan
software IBM SPSS. Hasil pengolahan data ini dievaluasi menggunakan uji goodness of fits dengan nilai R-square sebesar
0,974 dan nilai stress sebesar 0,165. Hasil ini menunjukkan bahwa model MDS yang dihasilkan layak. The King Industries
memiliki lima rekomendasi dalam rancangan perbaikan positioning yang dapat diterapkan. Dengan menerapkan rekomendasi ini, diharapkan perbaikan positioning akan meningkatkan tingkat brand awareness, mampu menghadapi persaingan
dengan pesaing lainnya, dan menciptakan persepsi yang positif di benak konsumen.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.