Perancangan Model Bisnis Aplikasi Bengkelin Dengan Metode Lean Canvas Design Of Business Model For Bengkelin Application Using Lean Canvas
DOI:
https://doi.org/10.25124/jpeia.v2i2.8708Kata Kunci:
Bengkelin, lean canvas, kendaraan, pengendara, bengkelAbstrak
Jumlah kendaraan bermotor terus meningkat setiap tahunnya
di Indonesia yaitu 5,31% pada 2020. Kecelakaan juga terus
meningkat setiap tahun selama 2017 – 2019. Salah satu
penyebab kecelakaan tersebut adalah kelalaian dari
penggunanya seperti kasus rem blong, rantai putus, slip,
shockbreaker patah. Namun UMKM bengkel kurang
dimanfaatkan oleh masyarakat. Kondisi yang ada
menunjukkan data yang berbanding terbalik dengan
pendapatan para pelaku UMKM bengkel yang mengalami
penurunan. Saat ini belum ada sarana penghubung antara
pengendara dengan UMKM bengkel. Salah satu alternatif solusi
untuk mengatasi masalah ini adalah mengembangkan aplikasi
yang menjadi sarana penghubung antara pengendara dengan
UMKM bengkel. Penelitian bertujuan untuk merancang model
bisnis aplikasi Bengkelin sebagai penghubung pengendara
dengan bengkel. Perancangan model bisnis diawali dengan
pengumpulan data sekunder untuk selanjutnya merancang lean
canvas dan diverifikasi serta diikuti perancangan mock-up
aplikasi Bengkelin. Selanjutnya validasi dengan wawancara
kepada early adopters terkait masalah dan solusi yang telah
diidentifikasi. Early adoptersnya adalah pengendara mahasiswa
Universitas Telkom dan usaha bengkel di Antapani, Bandung.
Unique value proposition yang dirancang adalah “the most
efficient way to care for your motorbike” untuk pengendara dan
“work on your own schedule, capabilities and price” untuk usaha
bengkel. Solusi yang diberikan adalah menawarkan fitur
InServis, InHelp, InMarket, InConsul, InNews, dan notifikasi
pengingat servis.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.