Perancangan Strategi Digital Marketing pada Produk Devor Moslem Wear Menggunakan Metode SOSTAC
DOI:
https://doi.org/10.25124/jpeia.v2i2.8709Kata Kunci:
Fashion Muslim, Digital Marketing, Social Media, E-CommerceAbstrak
UMKM Devor Moslem Wear menjadi salah satu
brand lokal yang memproduksi busana Muslim khusus pria.
Devor Moslem Wear merupakan sebuah UMKM di Kota
Bandung yang memulai usahanya sejak tahun 2017 dan
bergerak di bidang fashion yang memproduksi pakaian muslim
bagi Pria. Saat ini UMKM Devor Moslem Wear telah
menggunakan Digital Marketing pada penjualan maupun
promosi produk. Namun, penggunaan Digital Marketing masih
terbatas, dikarenakan hanya menggunakan 4 dari 13 tools
Digital Marketing yaitu Website, Social Media, dan E-Commerce
(Shopee dan Tokopedia). Selain itu, tingkat penjualan produk
Devor Moslem Wear pada bulan Januari 2022 sampai dengan
Juli 2023 mengalami fluktuasi yang diakibatkan terbatasnya
penggunaan Digital Marketing. Sehingga, Tugas akhir ini
bertujuan untuk merancang strategi Digital Marketing pada
produk Devor Moslem Wear menggunakan metode SOSTAC.
Metode SOSTAC digunakan untuk proses perancangan Digital
Marketing yang memiliki enam tahapan yaitu situation analysis,
objective, strategi, tactics, action, dan control. Sehingga pada
Tugas Akhir ini menghasilkan rancangan strategi Social Media
Optimization (SMO), Content Marketing, Partnership, Video
Marketing, Linktree, User Generated Content (UGC), dan ECommerce Optimization. Rancangan tersebut kemudian
divisualisasikan dengan menggunakan Strategy Map.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.