Prototipe Sistem Informasi Marketing Kit Berdasarkan Tipe Kepribadian Dominance
DOI:
https://doi.org/10.25124/jpeia.v2i2.8711Kata Kunci:
Penelitian, Prototipe, Marketing Kit, Tipe Kepribadian, DiSC, Dominance, Sistem Informasi, Keterampilan Penjualan, Design Thinking, Usability Testing, User Acceptance Testing, Rancangan Prototipe, Website, ReactJSAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan
mengembangkan prototipe marketing kit berdasarkan tipe
kepribadian DiSC, dengan fokus pada aspek Dominance, untuk
PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel). Tipe kepribadian
seseorang dapat memengaruhi cara mereka menerima
informasi dan mengambil keputusan. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dan
sistem informasi dalam aktivitas penjualan. Marketing kit
digunakan sebagai media promosi yang membantu
meningkatkan penjualan produk dan jasa, dan tipe kepribadian
dapat memengaruhi keterampilan seorang sales dalam menjual
produk atau jasa. Dalam penelitian ini, metode Design Thinking
digunakan sebagai pendekatan utama, dengan metode evaluasi
yang meliputi Usability Testing untuk desain prototipe dan User
Acceptance Testing untuk implementasi front-end. Hasil dari
penelitian ini adalah rancangan prototipe website marketing kit
yang disesuaikan dengan tipe kepribadian Dominance untuk
Mitratel, serta kode akhir website yang dikembangkan
menggunakan bahasa pemrograman ReactJS. Dengan
memanfaatkan temuan ini, Mitratel dapat meningkatkan upaya
pemasarannya dan secara efektif memperhatikan karakteristik
kepribadian individu untuk mencapai keberhasilan dalam
penjualan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.