Penerapan Metode Scrum dalam Pengembangan Aplikasi Point of Sales Berbasis Web untuk Kantin di Universitas Telkom
DOI:
https://doi.org/10.25124/jpeia.v2i2.8712Kata Kunci:
Aplikasi, Point Of Sales, Back Office, Website, ScrumAbstrak
Pengolahan data transaksi harian dan manajemen tenant yang
masih dilakukan secara manual menyebabkan kesalahan dan
kurangnya efisiensi dalam mengelola kantin Universitas
Telkom. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi
Point of Sales (POS) berbasis website, "Back Office," yang
ditujukan untuk memperbaiki proses back office di kantin
Universitas Telkom. Tujuan utama dari penelitian ini adalah
untuk merancang sistem untuk mengatur menu, sistem
laporan penjualan, dan sistem untuk mengatur akun tenant
oleh admin. Metode penelitian yang digunakan adalah Scrum
dan data dikumpulkan melalui Black box testing, dan User
Acceptance Testing (UAT). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa sistem Back Office berhasil dirancang untuk
memfasilitasi tenant dalam mengatur menu dan melihat
laporan penjualan serta untuk admin dalam melihat laporan
penjualan seluruh tenant dan mengatur akun tenat. Secara
keseluruhan, aplikasi ini telah meningkatkan kepuasan
pengguna dan efisiensi dalam proses back office di kantin
Universitas Telkom.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.