ANALISIS RETORIKA VISUAL KONTEN IKLAN PRODUK PADA ACCOUNT INSTAGRAM BANK BNI
DOI:
https://doi.org/10.25124/kalatanda.v2i1.4110Abstract
Sebagai media yang dirasa cukup efektif dalam menyampaikan pesan, foto banyak digunakan para produsen untuk menyampaikan informasi dan cara berkomunikasi dengan konsumen. Seperti yang dilakukan Bank BNI, menggunakan foto sebagai sarana menyampaikan informasi dan komunikasi dalam kegiatan promosinya. Fokus masalah yang diteliti dari kegiatan promosi Bank BNI adalah pesan visual yang ada dalam setiap promosi iklan kreatifnya yang menggunakan gaya pesan retorika, dimana pesan tersebut disampaikan tidak secara eksplisit sebagaimana umumnya foto produk komersial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pesan retorika visual apa yang ditampilkan pada beberapa iklan yang disampaikan dalam account Instagram Bank BNI. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori retorika visual Sonja K. Foss, dan untuk menganalisisnya digunakan analisis Semiotika Barthes. Sementara untuk metode penelitiannya, digunakan metode kualitatif dengan penggambaran secara deskriptif. Hasil pengamatan sementara, ditemukan pada setiap kegiatan promosi iklan Bank BNI, visual yang muncul adalah foto-foto yang tidak eksplisit berhubungan langsung dengan pesan yang ingin disampaikan.
Kata kunci: Retorika visual, Instagram Bank BNI