Perbedaan Pengetahuan Belajar Siswa Di Desa Dan Di Kota Menggunakan Media Video

Authors

  • Vina Mahdalena
  • Lusia Handayani

DOI:

https://doi.org/10.25124/liski.v5i2.3206

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan media lain yang lebih menarik seperti video (audio visual) dapat diujicobakan pada siswa SMP karena mempunyai kelebihan dan kemampuan yang dapat kita manfaatkan untuk mengatasi keterbatasan-keterbatasan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengetahuan siswa di desa dan di kota ketika mereka diberi materi dengan menggunakan media video. Metode yang digunakan yaitu eksperimen pre dan post tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video memberikan dampak positif dari hasil pembelajaran karena terbukti dapat meningkatkan pengetahuan siswa. Walaupun, pada kasus siswa di sekolah desa peningkatan pengetahuannya tidak signifikan seperti di kota. Media pembelajaran video memiliki skor posttest lebih tinggi pada siswa di kota daripada siswa di desa. Selanjutnya, perbedaan yang sangat nyata ditunjukkan pada pengujian pengetahuan siswa di kota dan di desa ketika diberikan pemaparan materi menggunakan media video. Jadi, siswa di kota lebih siap diberikan metode pembelajaran lain seperti tayangan video dibandingkan siswa di desa. Pengembangan metode pembelajaran dengan media digital video lebih efektif dilakukan pada siswa di kota daripada di desa. Kata kunci: desa, kota, pengetahuan, video.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-08-30