Pengaruh Respons Kognitif Khalayak Terhadap Merek Dan Sikap Pada Iklan Luar Ruang Blibli

  • Sylvie Nurfebiaraning

Abstract

Perkembangan e-commerce di Indonesia semakin kompetitif. Perusahaan e-commerce membutuhkan iklan sebagai salah satu kegiatan komunikasi pemasaran yang terintegrasi di bebeberapa media iklan sesuai dengan tujuan dan target khalayak. Outdoor advertising berupa Billboard Blibli dengan ukuran sangat besar, berupa pesan visual merek Blibli di area jalan tol Cipularang arah dari Jakarta ke Bandung sebagai salah satu media iklan alternatif untuk menyasar ke target khalayak yang beraktivitas di luar ruangan dan bermobilitas tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar pengaruh cognitive response outdoor advertising Blibli terhadap brand attitude dan attitude toward the advertisement. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang pernah melihat Billboard Blibli tersebut. Melalui teknik analisis data uji regresi linear sederhana, hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh variabel cognitive response (X) terhadap brand attitude (Y1) sebesar 25,1 % dan attitude toward the advertisement (Y2) sebesar 44 %, sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.


Kata Kunci: iklan luar, respons kognitif, merek, sikap

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-09
How to Cite
NURFEBIARANING, Sylvie. Pengaruh Respons Kognitif Khalayak Terhadap Merek Dan Sikap Pada Iklan Luar Ruang Blibli. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 43 - 51, feb. 2021. ISSN 2442-4005. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/3639>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/liski.v7i1.3639.
Section
Articles