Perancangan Visual Brand Communication Bank Sampah Induk Surabaya

  • Lisa Indriati Universitas Ciputra
  • Atria Nuraini Fadilla Telkom University

Abstract

Pengelolaan sampah masih menjadi masalah besar di Indonesia. Kepedulian terhadap masalah pengelolaan sampah ini, Yayasan Bank Sampah Induk Surabaya (BSIS) hadir sebagai salah satu solusi untuk masalah pembuangan sampah sembarangan yang terjadi di Surabaya. Namun seringkali BSIS mengalami kesulitan dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga diperlukan sebuah rancangan media komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan BSIS untuk mengomunikasikan brand mereka pada masyarakat Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan teknik sampel purposif untuk wawancara mendalam. Berdasarkan survei wawancara mendalam yang dilakukan pada 12 informan, data dianalisis untuk menjadi landasan strategi brand communication untuk BSIS. Pada penelitian ini dirancang program kampanye yang bernama REACT (Recreate Action) yang bertujuan untuk mengajak nasabah di area perumahan untuk lebih peduli terhadap pengelolaan sampah serta mengubah stigma masyarakat bahwa BSIS bukanlah organisasi yang berorientasi pada profit. Berdasarkan hasil penelitian, membuktikan bahwa audiens lebih tertarik dengan BSIS dengan event berkelanjutan yang dekat dengan minat audiensnya serta visual yang menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Media, K. 92020). Media, K. (2020). Leuwigajah, Kami Takkan Lupa... Retrieved 25 February 2020, from https://regional.kompas.com/read/2011/02/21/20382467/Leuwigajah.Kami.Takka n.%20Lupa
[2]. Risma Ingin Indonesia Bebas Sampah. (2020). Retrieved 25 February 2020, from https://surabaya.liputan6.com/read/4028297/risma-ingin-indonesia-bebas- sampah
[3]. Kami, T. (2020). Tentang Bank Sampah Induk Surabaya. Retrieved 25 February 2020, from https://banksampahinduksurabaya.blogspot.com/2019/02/tentang-bank- sampah.html
[4]. Daerah, B (2020). Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Retreived 14 march 2020, from https://pemerintahan.surabaya.go.id/home/kecamatan_kelurahan
[5]. Gains, Neil. (2014). Brand esSence: Using sense, Symbol and story to design brand identity, Great Britain: Kogan Page Limited.
[6]. Schultz, D. E. (1999). Strategic brand communication campaigns. NTC Business Books.
[7]. Rustan, Suryanto. (2009). Mendesain Logo. Jakarta : PT Gramedia.
[8]. Pujianto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: C.V Andi Offset
[9]. Zainudin, I. Buchori. (2010). Wacana Desain – Karya dan Pemikiran Imam Buchari Zainuddin. Bandung : Penerbit ITB.
Published
2021-01-05
How to Cite
INDRIATI, Lisa; FADILLA, Atria Nuraini. Perancangan Visual Brand Communication Bank Sampah Induk Surabaya. JURNAL RUPA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 34-43, jan. 2021. ISSN 2503-1066. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/rupa/article/view/2936>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/rupa.v5i1.2936.
Section
Statement of Practice