Pengaplikasian Zat Fiksasi (Mordan) sebagai Media Cap pada Pewarna Jelawe (Termiballia berllirica), Tingi (Ceriops tagal), dan Tegeran (Cudrania javanensis) untuk Menghasilkan Visual Motif pada Material Organik Katun

  • Gina Shobiro Takao Telkom University
  • Dian Widiawati Telkom University

Abstract

Abstrak


Dampak penggunaan zat warna sintetis pada bahan tekstil memberikan dampak buruk pada lingkungan, adanya pencemaran serta gangguan kesehatan menjadi sebuah masalah yang harus di solusikan. Upaya keseimbangan alam seperti contoh penggunaan kembali bahan alami sebagai proses pewarnaan bahan tekstil merupakan salah satu upaya menyeimbangkan alam, serta sekaligus untuk melestarikan kekayaan sumber daya alam dalam dunia tekstil. Pewarna alami yang sebetulnya sangat mudah didapatkan ini tentunya memiliki peluang dalam dunia tekstil saat ini. Mulai banyaknya masyarakat yang sadar akan keunggulan pewarna alami, membuat berkembangnya penggunaan pewarna alami dalam hal menyuguhkan tampilan baru untuk menyesuaikan dengan masa kini. Dengan adanya fenomena dan isu tersebut dapat menjadi peluang dalam mengolah zat pewarna alami untuk diproses dan memberikan hasil yang lebih mudah diterima masyarakat saat ini. Pewarna alami yang digunakan ini adalah pewarna Jelawe (Terminalia berllirica), Tegeran (Cudrania javanensis), dan Tingi (Ceriops tagal) yang biasa banyak digunakan para pembatik atau pengrajin yang menggunakan pewarna alami, dikarenakan ketiga zat pewarna alami tersebut merupakan salah satu contoh yang memiliki kepekatan dan kekuatan warna yang baik pada bahan tekstil. Ketiga warna tersebut akan dilakukan eksperimen dalam menghasilkan motif pada kain dengan cara reaksi fiksasi atau mordan dengan teknik cap untuk memberikan inovasi baru penggunaan zat pewarna alam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-20
How to Cite
TAKAO, Gina Shobiro; WIDIAWATI, Dian. Pengaplikasian Zat Fiksasi (Mordan) sebagai Media Cap pada Pewarna Jelawe (Termiballia berllirica), Tingi (Ceriops tagal), dan Tegeran (Cudrania javanensis) untuk Menghasilkan Visual Motif pada Material Organik Katun. JURNAL RUPA, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2024. ISSN 2503-1066. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/rupa/article/view/6868>. Date accessed: 25 aug. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/rupa.v8i2.6868.
Section
Statement of Practice