Implementasi Strategi Komunikasi dalam Perancangan Campaign Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) di PT Berau Coal

  • Wildan Alfarizi Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi & Bisnis, Telkom University
  • Indria Angga Dianita Telkom University

Abstract

Setiap pekerjaan memiliki beragam risiko yang menyertainya, agar risiko tersebut tertanggulangi dan dapat dicegah maka kesadaran akan Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) perlu ditingkatkan dan ditaati. Salah satu sektor pekerjaan yang memiliki tingkat risiko kecelakaan kerja yang tinggi adalah sektor pertambangan. Melalui penerapan dari good mining practice, risiko tersebut dapat diminimalisir. PT Berau Coal merupakan salah satu perusahaan swasta nasional yang bergerak pada industri pertambangan batu bara dengan penerapan good mining practice yang baik. Meskipun begitu, dalam operasional pertambangan batu bara tetap terdapat risiko kecelakaan kerja yang tinggi. PT Berau Coal meningkatkan kesadaran serta wawasan mengenai budaya K3L melalui campaign K3L. Namun, perencanaan campaign di PT Berau Coal belum terstruktur. Maka dari itu, perancangan karya ini berjudul “Implementasi Strategi Komunikasi dalam Perancangan Campaign K3L di PT Berau Coal” yang diharapkan mampu merancang kampanye K3L yang lebih terstruktur bagi PT Berau Coal. Teori yang menjadi acuan dalam perancangan kampanye ini adalah strategi komunikasi dan perencanaan campaign. Untuk memperoleh data, penulis melakukan metode survey kuantitatif dan wawancara serta observasi untuk merancang campaign. Setelah itu, penulis mengolah data tersebut untuk dijadikan perancangan campaign K3L kuartal keempat PT Berau Coal tahun 2022. Melalui kelima tahapan untuk membuat strategi komunikasi efektif dari Kotler & Keller (2017), penulis menghasilkan campaign plan dari “Siaga Saling Menjaga” yang dilakukan pada bulan Oktober – Desember tahun 2022. Selain untuk meningkatkan kesadaran K3L, campaign ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan awareness terhadap IM BOD Nomor 119/BC/BOD-AWD/IX/2022 yang di mana terdapat poin – poin terkait isu K3L yang terjadi selama kuartal sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-22
How to Cite
ALFARIZI, Wildan; DIANITA, Indria Angga. Implementasi Strategi Komunikasi dalam Perancangan Campaign Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) di PT Berau Coal. Business Journal : Jurnal Bisnis Dan Sosial, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 55 - 66, may 2023. ISSN 2620-3634. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/business/article/view/5799>. Date accessed: 16 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/businessjournal.v8i2.5799.
Section
Articles