EVALUASI MODEL BISNIS PADA LAUNDRY BAR DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS

  • Mediany Kriseka Putri
  • Angga Dwi Utama

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi penerapan
model bisnis pada Laundry Bar sebagai bisnis yang dapat dikatakan baru. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teori business model canvas. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini bersifat deskriptif dan tipe analisis yang digunakan pada penelitian ini
adalah analisis kualitatif dengan menggunakan in-depth interview dalam mengumpulkan
data primer yang dibutuhkan pada penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah berupa evaluasi
model bisnis Laundry Bar berdasarkan analisis SWOT pada setiap elemen business model
canvas yang sudah dilakukan untuk lebih memperhatikan kualitas layanan dan tidak lagi berfokus
pada minimasi biaya seperti sebelumnya sehingga struktur biaya bisnis juga berubah
dari cost-driven menjadi value-driven. Diharapkan dengan dilakukannya evaluasi model bisnis
melalui penelitian ini, hasilnya dapat bermanfaat bagi perkembangan dan keberlangsungan
bisnis Laundry Bar kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-11-17
How to Cite
PUTRI, Mediany Kriseka; UTAMA, Angga Dwi. EVALUASI MODEL BISNIS PADA LAUNDRY BAR DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS. Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 137-148, nov. 2017. ISSN 2502-3713. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/1069>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jmi.v17i2.1069.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)