Analisis Faktor Kondisi Ekonomi, Tingkat Pendidikan dan Kemampuan Berwirausaha Terhadap Kinerja Usaha Bagi Pengusaha Pindang di Desa Cukanggenteng

  • Sisca Eka Fitria Prodi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Telkom
  • Vega Fauzana Ariva Prodi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Telkom

Abstract

Kabupaten Bandung merupakan salah satu tujuan wisata di daerah Bandung sehingga dapat menjadi potensi bagi masyarakat dikabupaten Bandung untuk menjadi wirausaha.Seperti halnya yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Cukanggenteng yaitu dengan menjadi pengrajin ikan pindang.Namun usaha pindang disana cenderung tidak mengalami kemajuan dikarenakan beberapa faktor.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari faktor kondisi ekonomi, tingkat pendidikan, dan kemampuan berwirausaha terhadap kinerja usaha bagi pengusaha pindang di Desa Cukanggenteng Kecamatan Pasir Jambu Kabupaten Bandung.Jenis penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel yaitu non probability sampling dengan jenis sampel jenuh untuk pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan metode analisis data menggunakan analisa regresi berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Berdasarkan hasil uji t diperoleh hasil bahwa faktor kondisi ekonomi, tingkat pendidikan, dan kemampuan berwirausaha masing-masing berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja usaha. Melalui uji f diperoleh bahwa faktor kondisi ekonomi, tingkat pendidikan, dan kemampuan berwirausaha secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Kinerja Usaha bagi Pengusaha Pindang.Hasil nilai koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 68,90% yang masing-masing memiliki besar pengaruh Kondisi Ekonomi sebesar 2,17%, Tingkat Pendidikan 10,92%, dan Kemampuan Berwirausaha sebesar 55,81% terhadap kinerja usaha. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kondisi Ekonomi, Tingkat Pendidikan, dan Kemampuan Berwirausaha terhadap Kinerja Usaha Pengusaha Pindang di Desa Cukanggenteng baik secara parsial maupun simultan. Variabel Kemampuan Berwirausaha memiliki pengaruh yang paling besar terhadap Kinerja Usaha.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-11
How to Cite
FITRIA, Sisca Eka; ARIVA, Vega Fauzana. Analisis Faktor Kondisi Ekonomi, Tingkat Pendidikan dan Kemampuan Berwirausaha Terhadap Kinerja Usaha Bagi Pengusaha Pindang di Desa Cukanggenteng. Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 18, n. 3, p. 197-208, jan. 2019. ISSN 2502-3713. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/1732>. Date accessed: 23 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.25124/jmi.v18i3.1732.