Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Afektif pada Karyawan Perusahaan Bidang Konstruksi Milik Pemerintah di Medan

  • Bachruddin Saleh Luturlean School Communication & Business, Telkom University, Bandung, Indonesia
  • Arif Partono Prasetio School of Economics and Business, Telkom University, Bandung
  • Anisa Firli School of Economics and Business, Telkom University, Bandung
  • Gilang Ananda Mikola School of Economics and Business, Telkom University, Bandung
  • Muhammad Adnan Darmawan School of Economics and Business, Telkom University, Bandung

Abstract

Komitmen afektif adalah komitmen yang muncul dari dalam diri sendiri dan dibangun seiring berjalannya waktu. Organisasi perlu memastikan bahwa karyawan mereka memiliki komitmen afektif yang kuat. Unsur kepemimpinan khususnya yang bersifat transformasional diyakini dapat membuat karyawan merasa dihargai dan pada akhirnya memiliki komitmen yang kuat. Di samping itu, suasana dalam organisasi yang menyenangkan akan memperkaya pengalaman positif karyawan yang juga berdampak pada peningkatan komitmen afektif. Penelitian ini menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja terhadap terbentuknya komitmen afektif karyawan di salah satu perusahaan negara di Medan. 72 Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Metode eksplanatori dan analisis jalur digunakan untuk menjelaskan hubungan dan pengaruh antar variabel. Hasil penelitian membuktikan bahwa gaya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja memiliki pengaruh simultan dan parsial terhadap peningkatan kualitas komitmen afektif karyawan. Organisasi bisnis perlu mengaplikasikan gaya kepemimpinan transformasional serta mengembangkan program sumberdaya manusia yang bisa meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Dengan mengoptimalkan kedua unsur ini, organisasi diharapkan mampu meningkatkan komitmen afektif karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-11
How to Cite
LUTURLEAN, Bachruddin Saleh et al. Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Afektif pada Karyawan Perusahaan Bidang Konstruksi Milik Pemerintah di Medan. Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 18, n. 3, p. 209-221, jan. 2019. ISSN 2502-3713. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/1733>. Date accessed: 23 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.25124/jmi.v18i3.1733.