Issue | Vol. 16 No. 2 (2016) |
Release | 07 February 2017 |
Section | Articles |
subject
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah secara digital sebagai strategi dalam menghadapi era Pasar Bebas. Penelitian ini dilakukan berdasarkan desk research and indepth interview terhadap 70 UKM Kampung UKM Digital Skoci (Bandung) dan Trusmi (Cirebon). Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode kualitatif dan teknik analisis data SWOT untuk merumuskan strategi dan program jangka pendek, menengah, dan panjang. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa diperlukannya strategi pengembangan secara digital terhadap UKM dalam penyediaan infrastruktur ICT, proses produksi, dan perluasan pasar baik dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang agar para UKM memiliki daya saing dan meningkatkan kinerjanya.
Kata kunci : strategi, UKM, digital, daya saing, kinerja, dan ICT
Kata kunci : strategi, UKM, digital, daya saing, kinerja, dan ICT
format_quoteCitationfile_copyCopy
[1]
Slamet, R. et al. 2017. STRATEGI PENGEMBANGAN UKM DIGITAL DALAM MENGHADAPI ERA PASAR BEBAS. Jurnal Manajemen Indonesia. 16, 2 (Feb. 2017), 136–147. DOI:https://doi.org/10.25124/jmi.v16i2.319.
person
Author Biographies
Rachmat Slamet
Researcher, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Divisi Digital Service
Bilpen Nainggolan
Researcher, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Divisi Digital Service
Roessobiyatno Roessobiyatno
Researcher, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Divisi Digital Service
Heru Ramdani
Researcher, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Divisi Digital Service
Agung Hendriyanto
Researcher, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Divisi Digital Service
Luk lu’ul Ilma
Researcher, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Divisi Digital Service
Downloads
Download data is not yet available.