PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, NON PERFORMING LOAN, LOAN TO DEPOSIT RATIO DAN SUKU BUNGA KREDIT TERHADAP PENAWARAN KREDIT PADA BANK UMUM STUDI KASUS PADA PT. BANK RIAU KEPRI CABANG SELATPANJANG TAHUN 2007-2012)

  • Dian Pratiwi
  • Norita Norita

Abstract

Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentukbentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat banyak. fungsi kredit yang diberikan oleh pihak bank merupakan jembatan untuk meningkatkan pendapatan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Dana Pihak Ketiga, Non Performing Loan, Loan to Deposit Ratio dan Suku Bunga Kredit terhadap banyaknya Penawaran Kredit pada PT. Bank Riau Kepri Cabang Selatpanjang.

Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan tipe analisis regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu laporan keuangan tahun 2007-2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel dana pihak ketiga, loan to deposit ratio dan suku bunga kredit terbukti berpengaruh signifikan secara simultan terhadap penawaran kredit oleh bank. Variabel non performing loan tidak dimasukkan ke dalam model karena terbukti berkorelasi kuat dengan variabel loan to deposit ratio sehingga terjadi multikolinearitas dalam uji asumsi klasik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-03-30
How to Cite
PRATIWI, Dian; NORITA, Norita. PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, NON PERFORMING LOAN, LOAN TO DEPOSIT RATIO DAN SUKU BUNGA KREDIT TERHADAP PENAWARAN KREDIT PADA BANK UMUM STUDI KASUS PADA PT. BANK RIAU KEPRI CABANG SELATPANJANG TAHUN 2007-2012). Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 77-90, mar. 2017. ISSN 2502-3713. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/353>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jmi.v14i1.353.
Section
Articles