STUDI KESIAPAN DAN KESADARAN ORGANISASI UNTUK MENGHADAPI KEUNGGULAN SEMENTARA DALAM PERSAINGAN BISNIS PADA UNIT BISNIS INNOVATION AND DESIGN CENTER (IDeC) PT TELKOM INDONESIA TBK

  • Yudi Pramudiana
  • Risris Rismayani
  • Yunus Thariq Rizky

Abstract

Dinamika lingkungan bisnis saat ini telah menyulitkan perusahaan untuk memperoleh keunggulan yang berkelanjutan. Prilaku pesaing semakin sulit diprediksi sehingga strategi bersaing perusahaan sering kali tidak cukup kuat untuk mempertahankan daya saingnya di pasar. Sehingga perusahaan hanya mampu memiliki keunggulan bersaing secara sementara saja (trancient competitive advantage) dan tidak berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keunggulan bersaing sementara pada unit bisnis Telkom IDeC yang dievaluasi menggunakan analisis kriteria Transient Competitive Advantage, apakah Telkom IDeC telah siap dan sadar menjadi salah satu unit bisnis yang berada dalam kondisi keunggulan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara kepada senior leader. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analytical hierarchy process (AHP). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Telkom IDeC telah siap dan sadar menjadi perusahaan yang memiliki kriteria keunggulan kompetitif sesaat dengan alternatif yang diberikan yakni, 66.2% mempunyai kapabilitas untuk keunggulan sesaat dan 33.8% fokus pada keunggulan yang lama. Kontribusi terbesar diberikan pada aspek systemic innovation (84.7%) diikuti secara berturut-turut oleh customer experience (63.6%), themes (61.5%), dan arenas (55.2%)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-17
How to Cite
PRAMUDIANA, Yudi; RISMAYANI, Risris; RIZKY, Yunus Thariq. STUDI KESIAPAN DAN KESADARAN ORGANISASI UNTUK MENGHADAPI KEUNGGULAN SEMENTARA DALAM PERSAINGAN BISNIS PADA UNIT BISNIS INNOVATION AND DESIGN CENTER (IDeC) PT TELKOM INDONESIA TBK. Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 15, n. 3, p. 235-242, apr. 2017. ISSN 2502-3713. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/720>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jmi.v15i3.720.
Section
Articles