STRATEGI BRANDING HUMAS KOTA BANDUNG DALAM MEMBANGUN CITRA MELALUI TALENT PADA INSTAGRAM @humas_bandung

  • Adji Muhammad Fadilla Fakultas Komunikasi Bisnis Universitas Telkom

Abstract

Strategi branding Humas Kota Bandung telah mengalami perubahan yang signifikan dengan adanya perkembangan media sosial, terutama Instagram. Dalam usaha untuk membangun citra yang positif, Humas Kota Bandung telah memanfaatkan talent lokal pada platform Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi branding Humas Kota Bandung dalam membangun citra melalui talent pada Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teori branding yang digunakan dari Wheeler dengan menggunakan empat unit analisis yakni: (1) strategy acquisition; (2) strategy development; (3) strategy deployment; dan (4) strategy retention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Kota Bandung telah berhasil memanfaatkan Instagram sebagai sarana untuk membangun citra yang positif. Mereka melakukan strategi branding yang efektif dengan menggandeng talent yang memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi di Instagram. Talent ini secara konsisten mengunggah konten yang menyoroti keindahan, keunikan, dan kegiatan yang ada di Kota Bandung.
Kata Kunci: branding, citra, Humas Kota Bandung, instagram, talent

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-31
How to Cite
FADILLA, Adji Muhammad. STRATEGI BRANDING HUMAS KOTA BANDUNG DALAM MEMBANGUN CITRA MELALUI TALENT PADA INSTAGRAM @humas_bandung. Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 77 - 83, jan. 2024. ISSN 2963-7740. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/IJDPR/article/view/7230>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/ijdpr.v2i2.7230.
Section
Articles