ANALISIS KONTEN UMKM PESONA RASA 01 SIDOARJO MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK

subject Abstract

Selama 8 bulan penggunaan Tiktok sebagai media promosi yaitu dari bulan juni 2024 hingga maret 2025, konten video Tiktok Pesona Rasa 01 menarik perhatian hingga 712 ribu penonton (fyp) dan banyak mendapat komentar positif. Hal ini menjadi indikasi bahwa video Tiktok yang menampilkan Pesona Rasa 01 mampu mempromosikan produknya melalui Tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten promosi yang dilakukan oleh akun Tiktok @pesonarasa01 menggunakan teori Robert F. Lauterborn yaitu framework 4C yang meliputi Customers, Cost, Convenience, Communication. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus pada aktivitas akun Tiktok Pesona Rasa 01 di Tiktok. Penulis mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan UMKM Pesona Rasa 01 memanfaatkan media sosial, terutama TikTok dan Instagram, untuk meningkatkan pemasaran dan melakukan promosi dengan pelanggan. Dengan mengunggah konten secara rutin, termasuk video testimoni dan interaksi langsung melalui live streaming, UMKM ini berhasil menarik perhatian pelanggan dan membangun loyalitas. Penetapan harga produk yang kompetitif berdasarkan daya beli masyarakat serta strategi inovasi dalam varian rasa juga berkontribusi pada peningkatan repeat order. Komunikasi aktif di media sosial dan pemahaman terhadap kebutuhan pelanggan merupakan kunci keberhasilan dalam pemasaran UMKM.

Keywords: Konten promosi, UMKM, Pesona Rasa 01, Tiktok

format_quoteCitationfile_copyCopy
[1]
Aini, N. and Asy’ari, N.A.S. 2025. ANALISIS KONTEN UMKM PESONA RASA 01 SIDOARJO MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK. Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR). 4, 1 (Aug. 2025), 100–113. DOI:https://doi.org/10.25124/ijdpr.v4i1.9024.

Downloads

Download data is not yet available.