PENGARUH DESAIN INTERIOR KELAS TOKONG NANAS TERHADAP KENYAMANAN VISUAL MAHASISWA

  • Andreas D. Handoyo
  • Mahendra Nur Hadiansyah

Abstract

Visualisasi dalam interior kelas memiliki peran penting dalam proses perkuliahan, hal tersebut akan memberika kemudahan dalam penyampaian materi perkuliahan atau menjadi pengganggu dalam proses transfer ilmu. Salah satu yang memengaruhi tingkat konsentrasi mahasiswa pada saat kuliah adalah penataan ruang serta atribut ruang interior kelas. Secara kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipologi desain penataan kelas perkuliahan dengan studi kasus ruang kelas di lantai 6 Gedung Kuliah Umum, Universitas Telkom. Pembahasan dalam penelitian ini dibatasi pada elemen fisik interior yang dapat diamati dari berbaga posisi duduk mahasiswa dan memberikan dampak visual terhadap mahasiswa pada saat berkuliah. Hasilnya, ditemukan aspekaspek penataan ruang dan atribut interior yang dapat menjadi distraksi bagi sehingga mahasiswa mengubah penataan yang ada untuk mengakomodasi kenyamanannya. Temuan-temuan yang didapat diharapkan dapat menjadi masukan dan pertimbangan dalam perencanaan, perancangan, serta pengembangan fasilitas kelas di kemudian hari.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-28
How to Cite
HANDOYO, Andreas D.; NUR HADIANSYAH, Mahendra. PENGARUH DESAIN INTERIOR KELAS TOKONG NANAS TERHADAP KENYAMANAN VISUAL MAHASISWA. Idealog: Ide dan Dialog Desain Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 93-106, feb. 2018. ISSN 2615-6776. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/idealog/article/view/1182>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/idealog.v2i1.1182.