DESAIN SEBAGAI STRATEGI DI RENCANA BISNIS DESAIN PRODUK TAS DENGAN PENDEKATAN TEORI SEMANTIK
DOI:
https://doi.org/10.25124/idealog.v2i3.1229Abstract
Saat ini bisnis desain produk sedang marak, produk – produk yang dijual seperti jewelry, produk kulit, baju, dll. Pasar Indonesia sudah mulai mengerti apa itu desain yang baik, dan ingin dikelilingi oleh produk bernilai desain. Melihat anemo pasar yang baik ini maka dibuat penelitian rencana bisnis produk tas. Desain dengan pendekatan teori semantik dikedepankan sebagai strategi utama. Mengapa teori semantik? karena dengan teori semantik dapat memberikan kerangka berpikir yang terstruktur bagaimana menghubungkan filosofi brand dan bahasa desain produknya, bagaimana hubungan makna, penanda dan tanda. Mengapa hal ini menjadi penting? karena saat ini pembeli tidak hanya membeli produk tapi nilai – nilai terkandung didalamnya, dan pengenalan karakter desain dari suatu brand menjadi hal yang penting bagi sebuah perusahaan baru bila ingin bertahan di pasar. Penelitian ini menghasilkan metode terstuktur bagaimana translasi bahasa verbal karakter brand menjadi bahasa visual di lini produk koleksi ekonomis (bread and butter) dan koleksi premium (signature collection). Nama brand dan koleksi produk harus relevan dengan karakter brand. Karakter brand paling dapat dipahami customer lewat elemen bentuk, warna, material dan fungsi. Selain elemen desain pada produk, karakter brand juga penting dikomunikasikan lewat display produk, cara berjualan, serta advertising.