INVESTIGASI PERMASALAHAN PERFORMA PENCAHAYAAN DALAM KELAS BUSANA BUTIK SMKN 3 METRO TERHADAP KENYAMANAN VISUAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.25124/idealog.v2i3.1231Abstract
SMK adalah jenjang pendidikan yang mempersiapkan kemampuan siswa dalam melaksanakan pekerjaan tertentu. Busana butik adalah salah satu penjurusan di SMKN 3 Metro yang dalam proses pembelajarannya terdapat kegiatan menggambar, menjahit dan pekerjaan halus lainnya. Proses pembelajaran di dalam kelas menjadi penting sebagai tempat materi disampaikan. Kelas yang nyaman akan mendukung proses pembelajaran berjalan dengan baik. Pencahyaan menjadi salah satu elemen pendukung kenyamanan dalam kelas. Kelas Busana butik SMKN3 Metro memiliki dua sumber pencahyaan yaitu pencahyaan alami dan buatan. Intensitas cahaya yang dirasakan para siswa terkadang terlalu besar dan membuat ketidaknyamanan dalam proses belajar. Penggunaan pencahyaan buatan dan alami secara bersamaan membuat tidak bisa ditentukannya sumber intensitas cahaya yang berlebih dan menyebabkan silau. Pengukuran intensitas setiap titik pada ruang kelas akan menunjukan pengaruh yang di berikan dari masing masing sumber pencahyaan. Dengan mengetahui penyebab intensitas cahaya yang terlalu besar maka penanganan pencahayaan akan bisa dilakukan untuk menciptakan ruang kelas yang nyaman bagi para siswa