KAJIAN IKLAN MOBIL CHERY QQ DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA

  • Carina Tjandradipura

Abstract

Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi berupa pesan dari suatu produk tertentu yang ingin disampaikan kepada masyarakat melalui media. Mobil Chery QQ dengan kategori city tampil dalam sebuah iklan yang dihadirkan melalui tampilan desain poster yang menarik. Iklan mobil Chery QQ berupa poster bertujuan untuk menyampaikan suatu pesan kepada masyarakat car sebagai salah satu mobil dengan konsumsi bahan bakar hemat. Metode penelitian yang digunakan pada poster iklan Chery QQ adalah teori semiotika yang dikemukakan Pierce berupa ikon, indeks, dan simbol. Tujuan penelitian untuk mengetahui makna-makna yang ingin disampaikan oleh perusahaan automotif tersebut dalam poster iklan mobil Chery QQ. Iklan tersebut ingin mengkomunikasikan bahwa mobil Chery QQ merupakan kendaraan bermotor beroda empat yang hemat konsumsi bahan bakar ditampilkan melalui penggambaran ilustrasi kartun dan slogan berbahasa Spanyol “Menos visitas al surtidor†pada sebuah poster iklan mobil Chery QQ dengan segmen pasar di Meksiko yang terletak di Amerika Utara dan mayoritas penduduknya menggunakan bahasa Spanyol. Poster iklan tersebut menceritakan bahwa Chery QQ diasumsikan memiliki gender wanita, sedangkan mesin pengisi bahan bakar yang digambarkan melalui ilustrasi kartun berwarna merah memiliki gender pria, keduanya memiliki sebuah hubungan khusus, layaknya sebuah pasangan kekasih. Mobil Chery QQ merupakan kendaraan yang memerlukan bahan bakar agar dapat beroperasi, sedangkan mesin pengisi bahan bakar menyediakan bahan bakar yang diperlukan oleh mobil Chery QQ. Dengan demikian, poster iklan Chery QQ dapat mengkomunikasikan keunggulannya dengan baik kepada masyarakat melalui makna-maknanya berupa pesan dalam bahasa tanda yang ditampilkan Mobil Chery QQ merupakan kendaraan beroda empat yang hemat konsumsi bahan bakar serta ramah lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-05
How to Cite
TJANDRADIPURA, Carina. KAJIAN IKLAN MOBIL CHERY QQ DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA. Idealog: Ide dan Dialog Desain Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 263-274, apr. 2018. ISSN 2615-6776. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/idealog/article/view/1233>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/idealog.v2i3.1233.

Most read articles by the same author(s)