PENCAPAIAN ADAPTASI IDE PADA KONSEP BENTUK STOOL, Studi Kasus Mata Kuliah Studio Mebel I
DOI:
https://doi.org/10.25124/idealog.v2i3.1234Abstract
Mebel merupakan mata kuliah 3 sks yang mendampingi mata kuliah utama, perancangan ruang interior, sebagai pengisi kelengkapan aktivitas penghuni atau user. Pada tahap pembelajaran dasar desain mebel, mahasiswa diharuskan memahami dan mengerti cara untuk mengimplementasi konsep berdasarkan pertimbangan-pertimbangan desain pada bangku atau stool. Desain dapat dikatakan unik ketika ada konsep yang menjadi pembeda dengan benda desain yang telah ada. Cara mendapatkan dan mengolah konsep ada bermacam-macam, salah satunya dengan mengadaptasi bentukan ide dan mentransformasikannya dengan cara pandang perancang berdasarkan keilmuan yang valid. Penelitian ini akan berfokus pada analisa hasil desain mahasiswa untuk melihat penerapan pendekatan metafora, implementasi metafora yang intangible, tangible dan kombinasi. Dari beberapa hasil desain yang telah ada mahasiswa telah mampu memahami dan menerapkan pendekatan metafora, adapun penggolongan secara sederhananya dapat dibedakan menjadi 2, yaitu; konsep yang terlihat secara visual dan konsep yang terasa secara persepsi.