MULTIFUNCTIONAL, SMART AND HEALTHY FURNITURE DESIGN IN RESPONSE TO COVID 19 AT AL - HUDA MOSQUE, THE RANCAMANYAR CLUSTER

  • Tita Cardiah Universitas Telkom
  • Hendi Anwar
  • Rangga Firmansyah
  • Alif Nurrahiim Senawianto
  • Egha Fauzia Natasya
  • Amelya Rahmadani Putri

Abstract

Pasca Pandemic Covid 19 masyarakat berhadapan dengan "New Normal" yang artinya harus berkehidupan dengan standar protokol kesehatan. Termasuk di lingkungan masjid sebagai fasilitas publik membutuhkan standar proptokol kesehatan. Salah satu protokol kesehatan adalah selalu mencuci tangan dan social distancing. Untuk mencapai hal tersebut maka dibutuhkan fasilitas pendukung berupa sarana kebersihan dan ketertibaan dalam menyimpan sandal/sepatu di lingkungan masjid. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada masyarakat terkait mengenai upaya  pencegahan penyebaran virus Covid 19 di lingkungan tempat ibadah khususnya Masjid Al Huda Cluster Rancamanyar. Metoda  pengabdian masyarakat ini adalah deskriptip evaluatif, analisis dan implementasi desain. Desain Furnitur Multifungsi, Pintar Dan Sehat  pada objek pengabdian masyarakat ini berfungsi sebagai fasilitas pendukung bagi kenyamanan jamaah dalam menyimpan sandal atau sepatu dan tetap menjaga kebersihan sesuai protokol kesehatan dari dinas kesehatan. Furnitur Multifungsi, Pintar Dan Sehat ini sebagai sebagai bentuk kepedulian dan respon terhadap kondisi saat ini pasca pandemik Covid 19. Furnitur Multifungsi, Pintar Dan Sehat ini di sebuah masjid merupakan suatu bentuk pelayanan terhadap masyarakat/jamaah Masjid Al - Huda  untuk mendukung pencegahan penyebaran virus covid 19 dan menyambut  kehidupan "New Normal", sehingga masyarakat/jamaah merasa nyaman dan aman.  Peningkatan mutu pelayanan warga harus didukung oleh fasilitas yang layak (tertata dengan baik) dan sesuai standar protokol kesehatan,  selain itu diharapkan dapat memberikan unsur edukasi dalam menghadapi kehidupan “New Normal”  pada keseluruhan bermasyarakat bagi warga setempat khususnya di lingkungan pemukiman Rancamanyar.


Kata kunci: Furnitur Multifungsi, New Normal, protokol kesehatan Covid 19, Masjid

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-10
How to Cite
CARDIAH, Tita et al. MULTIFUNCTIONAL, SMART AND HEALTHY FURNITURE DESIGN IN RESPONSE TO COVID 19 AT AL - HUDA MOSQUE, THE RANCAMANYAR CLUSTER. Idealog: Ide dan Dialog Desain Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 124 - 132, june 2021. ISSN 2615-6776. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/idealog/article/view/3459>. Date accessed: 23 june 2021. doi: https://doi.org/10.25124/idealog.v5i2.3459.