KAJIAN ELEMEN DESAIN BRAND VOLKSWAGEN UNTUK PERANCANGAN INTERIOR

Authors

  • Tannia Selviyanti
  • Astrid Austranti Yuwono
  • Carina Tjandradipura

DOI:

https://doi.org/10.25124/idealog.v4i2.3598

Abstract

Volkswagen adalah salah satu produsen mobil yang berasal dari Wolfsburg, Jerman dan sudah mulai berkembang sejak tahun 1937 hingga saat ini. Showroom Volkswagen memiliki standar desain yang harus dipenuhi, namun beberapa showroom Volkswgen di Indonesia tidak memenuhi standar tersebut. Perancangan interior sebuah brand seyogianya mencerminkan brand image produk atau perusahaan yang diwadahinya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aspek apa saja yang terkait brand image Volkswagen yang dapat diterapkan dalam perancangan desain interior sebagai pendukung standar desain Volkswagen yang sudah ada. Hasil penelititan ini dapat digunakan sebagai rekomendasi mengenai pendekatan desain interior terhadap brand dan aplikasinya. Penelitian akan dilakukan dengan mengkaji teori elemen desain yaitu bentuk, warna, skala, tekstur, pola, dan pencahayaan terhadap aspek brand image yang terkait dengan citra dari perusahaan (corporate image), produk (product image), dan pemakai (user image). Pada penelitian ini ditemukan bahwa aspek desain yang memberikan image terhadap brand yang paling kuat adalah bentuk karena terispirasi dari karakter user, serta warna karena merupakan identitas showroom Volkswagen.

Kata kunci: brand, elemen desain, citra, interior, Volkswagen

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-01